Breaking News:

Berita Internasional Terkini

MENGERIKANNYA Banjir Melanda Nepal dan India, Renggut Lebih dari 180 Nyawa

Banjir dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat berhari-hari telah menewaskan sedikitnya 99 orang di Nepal sejak Senin (18/10/2021).

Penulis: Adinda Faradilla | Editor: Syaiful Syafar
apnews.com
Hujan deras mengakibatkan banjir di Nepal dan India, merenggut lebih dari 180 nyawa. 

TRIBUNKALTIM.CO - Banjir dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat berhari-hari telah menewaskan sedikitnya 99 orang di Nepal sejak Senin (18/10/2021).

Di India, hujan lebat minggu ini juga mendatangkan malapetaka, menewaskan sedikitnya 88 orang serta menyebabkan banjir dan hanyutnya beberapa rumah.

Polisi di Nepal mengatakan tim penyelamat sedang mencari setidaknya 40 orang yang dilaporkan hilang.

"Mayoritas kematian terjadi di wilayah timur dan barat, kedua wilayah tersebut mengalami hujan lebat minggu ini. Tim pencarian dan penyelamatan telah memindahkan orang ke lokasi yang lebih aman dan membawa yang terluka ke rumah sakit," ungkap juru bicara polisi, Basanta Bahadur Kunwar, dikutip dari apnews.com.

Baca juga: Biografi Ellya Khadam yang Jadi Google Doodle Hari Ini, dari Lagu Boneka dari India hingga Filmnya

Baca juga: VIRAL Postingan Instagram Polisi India yang Terinspirasi dari Squid Game, Ini Pesannya

Setidaknya 35 orang terluka dalam hujan telah diselamatkan dan berada di rumah sakit.

"Tanaman dan rumah telah musnah, yang merupakan pukulan telak bagi keluarga yang sudah bergulat dengan dampak buruk pandemi Covid-19," kata Azmat Ulla dari Federasi Internasional Perhimpunan Bulan Sabit Merah di Nepal. Tim Palang Merah membantu upaya evakuasi di kedua negara.

"Orang-orang Nepal dan India terjepit di antara pandemi dan bencana iklim yang memburuk, yang sangat berdampak pada jutaan nyawa dan mata pencaharian," tambahnya.

Pada hari Kamis (21/10/2021), Perdana Menteri Sher Bahadur Deuba mengunjungi daerah yang terkena dampak banjir di wilayah barat dan mengarahkan pihak berwenang untuk fokus pada penyelamatan cepat, bantuan dan rehabilitasi mereka yang rentan.

Baca juga: Susul Tsunami Corona di India, Nepal Kini di Ambang Krisis Covid-19

Baca juga: VIRAL Tulisan Tangan Pelajar SMA Bak Ketikan Komputer, KIsah Bocah 8 Tahun di Nepal Tak Kalah Heboh

Pihak berwenang masih berusaha memastikan jumlah rumah tangga yang mengungsi dan tingkat kerusakan yang disebabkan oleh bencana.

Peramal cuaca di Nepal mengantisipasi curah hujan sedang pada hari Kamis tetapi memperkirakan cuaca akan membaik pada akhir minggu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved