Breaking News:

Berita Nasional Terkini

CEK Bantahan Anak Buah Anies Baswedan Terhadap Rapor Merah LBH Soal Reklamasi dan Penggusuran Paksa

Cek bantahan anak buah Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta terhadap Rapor Merah LBH soal reklamasi dan penggusuran paksa.

TRIBUNNEWS.COM/ALIVIO
Anies Baswedan di rumah duka Elly Kasim, di Kawasan Kayu Putih, Jakarta Timur, Rabu (25/8/2021). Cek bantahan anak buah Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta terhadap Rapor Merah LBH soal reklamasi dan penggusuran paksa. 

TRIBUNKALTIM.CO - Cek bantahan anak buah Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta terhadap Rapor Merah LBH.

Pmrov DKI Jakarta membantah pernyataan LBH Jakarta di dalam Rapor Merah yang disampaikan beberapa waktu lalu, seperti soal reklamasi dan penggusuran paksa.

Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menegaskan, Pemprov DKI tidak melakukan penggusuran paksa seperti yang dilaporkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

"Penggusuran tidak pernah menjadi pilihan utama kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam menata permukiman dan kewilayahan di Ibu Kota," kata Sigit dalam siaran persnya, dikutip Kompas.TV, Minggu (24/10/2021).

Sigit menegaskan, penertiban yang dilakukan Satpol PP DKI Jakarta bukanlah tindakan penggusuran yang mencederai HAM.

"Yang dilakukan oleh Satpol PP merupakan penertiban terhadap pelanggaran aturan daerah dalam menjaga ketertiban kota yang dilakukan sesuai ketentuan perundang-undangan. Prosesnya dilakukan melalui dialog antara aparat pemerintah dengan warga," terangnya.

Baca juga: SIKAP tak Terduga PA 212 Belum Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024, Penyebabnya Gara-gara Hal Ini

Baca juga: ALASAN Anies Baswedan Sulit Jadi Capres pada Pilpres 2024, Pengamat Singgung Soal Partai Politik

Baca juga: Bukan Anies Baswedan, AHY dan Sandiaga Uno Lebih Dijagokan Maju di Pilpres 2024, Penjelasan Pengamat

Pelanggaran yang dimaksud, kata Sigit, berkaitan dengan kegiatan usaha atau sejenisnya yang dapat mengakibatkan bencana di wilayah sekitar, seperti pemukiman yang dapat menghambat saluran air sehingga menyebabkan banjir yang lebih parah.

Sigit mengatakan, pihaknya pun sering mengundang LBH Jakarta untuk berdiskusi mengenai perencanaan penataan permukiman untuk mengakomodir kebutuhan warga akan hunian.

Diketahui, Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah meresmikan pembangunan tiga kampung susun yakni Kampung Susun Kunir, Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, dan Kampung Susun Akuarium.

Sebelumnya, LBH Jakarta menyampaikan laporan bertajuk "Rapor Merah 4 Tahun Kepemimpinan Anies Baswedan Di Ibukota", kepada pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Senin (18/10/2021).

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved