Breaking News:

Virus Corona di Balikpapan

Puskesmas Manggar Baru Tiru Cara Binda Kaltim yang Gelar Vaksinasi Door to Door

Puskesmas Manggar Baru terinspirasi dari cara Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Kaltim melakukan vaksinasi door to door

TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM
Kegiatan vaksinasi door to door yang dilakukan Puskesmas Manggar Baru bekerjasama dengan BINDA Kaltim.TRIBUNKALTIM.CO/NIKEN DWI SITONINGRUM 

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN- Puskesmas Manggar Baru terinspirasi dari cara Badan Intelejen Negara Daerah (BINDA) Kaltim melakukan vaksinasi door to door.

"Cara dari BINDA ini justru menstimulasi kami untuk dapat mengembangkan cara door to door ini dengan vaksin-vaksin rutin dari puskesmas," ungkap dr. Ronnie Nente selaku Kepala Puskesmas Manggar Baru.

Untuk sementara ini, Puskesmas Manggar Baru telah menggunakan cara door to door ini kepada pedagang pasar.

Hal ini dikarenakan mayoritas pedagang pasar yang tidak dapat meninggalkan lapak, atau dagangannya dan akan lebih mudah mendapatkan pelayanan vaksin dari petugas Puskesmas Manggar Baru.

Baca juga: Dana Rp 280 Juta untuk Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil di Bontang, Cakupan Baru 35 Persen

Baca juga: Vaksinasi Warga Perbatasan November 2021, Kadinkes Malinau: Distribusi tak Lagi Terkendala Ekspedisi

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Samarinda Capai 54 Persen untuk Dosis Pertama

Adapun, hal tersebut dilakukan dengan cara mendatangi pasar, melakukan pemeriksaan seperti tekanan darah dan screening langsung, kemudian petugas Puskesmas Manggar Baru mendatangi lapak atau dagangan pedagang yang telah diperiksa dan dapat dilakukan vaksinasi di tempat tersebut.

"Jadi tidak perlu meninggalkan lapak atau dagangannya, dan hal ini terinspirasi dari kegiatan vaksinasi door to door yang dilakukan oleh BINDA," tambah Ronnie.

Di lain pihak, BINDA memberikan tanggapan positif dari kegiatan vaksinasi door to door yang dilakukan Puskesmas Manggar Baru ini, dikarenakan masih banyak kalangan masyarakat yang tidak dapat mengakses sentra vaksinasi, contohnya adalah lansia.

BINDA mengaku bahwa sasaran dilakukannya kegiatan vaksinasi door to door ini memang menyasar kepada lansia, yang terkendala dalam mengakses sentra vaksinasi yang telah disediakan Pemerintah Kota Balikpapan.

Baca juga: Terdata 20 Persen Pegawai Belum Vaksin, Dinas Kesehatan Malinau Jadwalkan Pendataan Ulang

"Kita melakukan vaksinasi dosis ke 2 di Manggar Baru ini memang menyasar untuk lansia yang tak dapat menjangkau sentra vaksinasi terpusat, mungkin karena kendala transportasi dan kendala dari kesehatannya juga," tandas Kabag Ops Binda Kaltim, Kolonel TNI Mat Jayus. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved