Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Bupati Kukar Kukuhkan FKDM dan Minta Sesuai Tupoksi Deteksi Dini Potensi Kebencanaan

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kecamatan periode 2021-2026, dikukuhkan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Bupati Kukar Edi Damansyah saat pengukuhan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kecamatan periode 2021-2026.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kecamatan periode 2021-2026, dikukuhkan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah.

Pengukuhan dibarengi dengan Launching Proyek Perubahan 'Optimalisasi Peran Forum-Forum Bentukan Pemerintah' menuju Kukar Aman dan Nyaman (Kuanyam), di Pendopo Odah etam, Kamis (28/10/2021) kemarin.

Edi Damansyah mengungkapkan, tugas utama dari forum-forum bentukan pemerintah, guna membantu instrumen negara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Upaya-upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana.

"Optimalkan keberadaannya sesuai tugas dan fungsinya (tupoksi). Baik itu di tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga sampai Desa dan Kelurahan, bisa saling berkoordinasi dan komunikasi dengan baik agar cepat mendeteksi secara dini jangan sampai terjadi baru melakukan tindakan," terang Bupati Kukar, Jumat (29/10/2021) hari ini dalam keterangannya. 

Baca juga: Perbaikan Jembatan Sambera Rampung, Camat Muara Badak Kukar Minta Kendaraan Berat tak Melintas

Baca juga: Ironis, Anggana di Kukar sebagai Daerah Penghasil Migas, namun Minim Pembangunan Infrastruktur

Baca juga: Sejumlah Desa di Muara Muntai Kukar Kini Nikmati Listrik 24 Jam

FKDM yang sudah dibentuk tentu mengharuskan keterlibatan masyarakat secara khusus di forum bentukan pemerintah ini, agar masyarakat juga ikut serta secara langsung dalam menjaga keamanan, ketentraman dan kondusifitas daerah.

"Patut kita bersyukur kondisi Kukar saat ini sangat kondusif walaupun ada titik-titik tertentu, ada riak-riak aktivitas yang bisa mengganggu Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), maka dari itu peran FKDM sangatlah perlu," ungkap Edi Damansyah.

Pemkab Kukar dikatakan Edi Damansyah tidak bisa bekerja sendiri tanpa bekerjasama dari semua jajaran pemerintah bersama FKDM, Forum Pembangunan Kebangsaan (FPK) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang berada dimasing-masing Kecamatan.

Pihaknya juga akan terus berupaya memfasilitasi dalam meningkatkan kapasitas SDM forum-forum di Kabupaten Kukar. 

Mengenai proyek yang disinggungnya, perubahan optimalisasi peran forum-forum bentukan pemerintah menuju Kuanyam berkaitan dengan keikutsertaan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar Rinda Desianti mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan daerah. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved