Breaking News:

Diapresiasi Berbagai Pihak, Pemerintah Terus Mendorong Percepatan Program Vaksinasi Nasional

Pemerintah terus mempercepat program vaksinasi nasional, dan ini sudah mulai menunjukkan hasil.

Editor: Diah Anggraeni
ekon.go.id
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah terus mempercepat program vaksinasi nasional, dan ini sudah mulai menunjukkan hasil.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC), agensi kesehatan publik nasional Amerika Serikat, memasukkan Indonesia ke dalam level 1 yaitu low (rendah).

Dalam situs resminya wwwnc.cdc.gov/travel/notices/covid-1/coronavirus-indonesia, CDC tetap mengimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke Indonesia agar sudah mendapatkan dosis vaksin lengkap.

Selain syarat lain dalam pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia, yaitu memakai masker dan berada di jarak sekitar 2 meter dari orang lain.

Baca juga: Respons Secara Cepat Dinamika Pandemi, Pemerintah Implementasikan Governance, Risk, and Control

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto menyambut baik hal ini.

"Dengan masuknya Indonesia ke dalam level 1 atau low dari CDC, berarti kerja keras Pemerintah Indonesia sudah menunjukkan hasil dan diapresiasi oleh agensi Internasional," katanya.

Pemerintah memastikan ketersediaan vaksin tetap aman, juga pelaksanaan vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia tetap berjalan baik.

Hingga Kamis (28/10/2021), Indonesia telah kedatangan lebih dari 300 juta dosis vaksin, baik dalam bentuk bahan baku atau bulk.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut 10 Proyek BIMP-EAGA Bakal Selesai Tahun Ini

Data KPCPEN menunjukkan bahwa laju suntikan harian vaksin Covid-19 telah menyentuh 2 juta per hari.

Hingga 29 Oktober pukul 12.00 WIB, total suntikan secara nasional mencapai 189,6 juta yang terdiri dari 117,6 juta Dosis-1 (56,51 persen dari sasaran) dan 72 juta Dosis-2 (34,6 persen dari sasaran).

Dengan memperhitungkan suplai dan turunnya laju vaksinasi di akhir pekan, maka akan tervaksinasi lengkap sasaran sebanyak 281,1 juta suntikan pada Desember 2021, dengan syarat laju vaksinasi meningkat secara konsisten dari 1,7 juta suntikan per hari pada Oktober 2021 ke 2,1 juta suntikan per hari pada Desember 2021.

Pemerintah Indonesia memang terus melakukan intensifikasi program vaksinasi Covid-19, dan meningkatkan capaian vaksinasi di daerah-daerah.

Baca juga: Implementasi Transformasi Digital, Dukung Pembangunan Berkelanjutan

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, stok vaksin secepatnya didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia, agar program vaksinasi berjalan lancar dan lebih cepat.

"Pemerintah Indonesia juga memberlakukan kebijakan mandatori vaksin bagi masyarakat Indonesia, yang ingin melakukan mobilitas atau perjalanan dalam upaya menekan penyebaran virus Covid-19," tambah Menko Airlangga. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved