Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Kafilah Kukar Empat Kali Menjuarai MTQ Tingkat Provinsi Kaltim, Kini Incar yang Kelima

Bupati Kukar Edi Damansyah dalam pembukaan MTQ ke-42 Kukar menarget bisa juara untuk kali kelima di tingkat provinsi Kalimantan Timur.

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Bupati Kukar Edi Damansyah saat pembukaan MTQ ke-42 tingkat Kabupaten Kukar, di Kecamatan Muara Badak, Kaltim, malam tadi. HO/TRIBUNKALTIM.CO 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Bupati Kukar Edi Damansyah dalam pembukaan MTQ ke-42 Kukar menarget bisa juara untuk kali kelima di tingkat provinsi Kalimantan Timur.

Diketahui pada MTQ ke-42 tingkat Provinsi sebelumnya yang digelar di Kota Bontang, Kafilah Kukar menjuarai gelaran acara ini.

"Alhamdulillah Kukar ditingkat provinsi Kaltim 10 kabupaten/kota juara umum dan keempat kalinya di Bontang. Apa yang dicapai tentunya ada reformasi oleh LPTQ Kukar sejak tahun 2017, jadi memang harus ada perubahan yang dilakukan," terang Edi Damansyah.

"Kalau dilihat penyelenggaraan MTQ di tingkat Provinsi Kaltim, pembinaan di sini sangat baik. Kalau dilihat datanya, Kafilah Kaltim ke tingkat nasional sebagian besar putra-putri Kukar," imbuhnya.

Semangat pembinaan, pengembangan yang harus tumbuh di MTQ yang diselenggarakan kali ini, bukan hanya mengirim perwakilan dari tiap kecamatan saja.

Baca juga: MTQ yang Sempat Tertunda Akibat Covid-19 Akhirnya Digelar, Bupati Kukar Tegaskan Tetap Patuhi Prokes

Baca juga: Guyuran Hujan Warnai Pembukaan MTQ ke-42 Kukar di Muara Badak, Bupati Target Juara Tingkat Provinsi

Baca juga: Dewan Hakim MTQ Terpilih Dilantik Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Minta Bekerja Profesional

Dari kegiatan ini (MTQ) ada semangat pembinaan Al Quran di Kabupaten Kukar.  Untuk terus kedepannya mencetak qori, tilawah dan hafidz Al Quran di tiap Kecamatan dan desa-desa di Kukar.

Serta membangun rumah-rumah Al Quran untuk anak-anak muslim di seluruh Kukar.

"Sudah 42 tahun MTQ terselenggara di Kukar, pembinaan dan pengembangan harus baik, semangat evaluasi juga. Kepada LPTQ kecamatan wajib untuk pembinaan Al Quran di wilayah masing-masing, karena sudah masuk RPJMD 2021 Kukar," tegas Edi Damansyah.

Terpisah Kepala Kemenag Kukar, Mukhtar juga mengharapkan, seluruh dewan hakim dapat menilai dengan baik.  Karena merupakan bagian dari kompetisi untuk menghasilkan juara yang akan mengikuti kompetisi pada MTQ tingkat Provinsi tahun 2022 mendatang di Samarinda. 

Baca juga: Bupati Kukar Edi Damansyah Berpesan, MTQ Kukar 2021 Harus Lebih Baik dari Sebelumnya

Secara pribadi dia ingin agar Kukar mampu bertahan dan menjadi juara lagi.  Hingga saat ini, Kukar sudah menjadi juara umum tingkat provinsi selama empat kali berturut-turut. 

"Dengan semboyan #2022KUKARLIMA, insya Allah kita akan meraih kembali juara umum yang kelima pada tahun 2022," ungkap Mukhtar. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved