Breaking News:

Mahulu

Kukuhkan Pokdarwis Mahakam Ulu, Bupati Bonifasius Belawan Geh Berharap Dapat Memajukan Pariwisata

ET Hen Yohanes mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis Hinaq Banguq Bangun Kampung Long Bagun Ulu dan Pokdarwis Mange Hake Kampung Ujoh Bilan

HUMAS PEMKAB MAHULU
Suasana upacara pengukuhan Pokdarwis di Lamin Adat Kampung Ujoh Bilang, Senin (25/10/2021) lalu, sekaligus dilaksanakan sosialisasi Sapta Pesona Sadar Wisata serta Manajemen Desa Wisata. (Humas Pemkab Mahulu) 

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG - Mewakili Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, Asisten Bidang Sosial, Ekonomi dan Pembangunan (Asisten II) ET Hen Yohanes mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis Hinaq Banguq Bangun Kampung Long Bagun Ulu dan Pokdarwis Mange Hake Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun.

Pada acara yang dilangsungkan di Lamin Adat Kampung Ujoh Bilang, Senin (25/10) lalu, sekaligus dilaksanakan sosialisasi Sapta Pesona Sadar Wisata Serta Manajemen Desa Wisata.

Dalam sambutannya, Bupati mengharapkan, Pokdarwis benar-benar bisa menjalankan tugas dan fungsinya.

"Melalui Pokdarwis, sektor pariwisata yang potensinya banyak di Kabupaten Mahulu ini, dapat menjadi wisata unggulan kedepannya," harap bupati.

Menurutnya, bidang pariwisata merupakan salah satu sektor yang penting di era globalisasi saat ini. Telah terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: Pemkab Kubar Serahkan Kembali Piala Bergilir Pokdarwis Tingkat Provinsi Kaltim

Baca juga: Poltekba Lakukan Pendampingan di Desa Wisata Mentawir, Penguatan Pokdarwis hingga Digital Branding

Baca juga: Dukung Wisata Mangrove, Pokdarwis Mentawir PPU Bikin Oleh-oleh Sirup dan Dodol Buah Pidada

"Sektor pariwisata mampu meningkatkan perekomian masyarakat, sekaligus mendorong perkembangan dan pembangunan di suatu daerah, terutama Kabupaten Mahulu," ujarnya.

Bupati menambahkan, sebagai sektor unggulan tentunya dibutuhkan inovasi dan perencanaan terhadap produk-produk unggulan lokal. Ini untuk mendukung pesona potensi wisata daerah.

Selanjutnya, guna menciptakan pengembangan destinasi wisata, harus segera digali daya tarik wisata, budaya merupakan hasil dari hak cipta daerah Kabupaten Mahulu.

"Untuk itu, pembangunan dan pengelolaan bidang pariwisata ini dibutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak yang terkait dalam pengembangan destinasi wisata," ungkapnya.

Baca juga: Rakor Pokdarwis se Kaltim, Gubernur Minta Peserta Gali Ide Kembangkan Wisata di Kaltim

Sementara itu, Kepala Dinas Parpora Kristina Tening menyampaikan, pembentukan Pokdarwis merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang sadar akan potensi wisata di sekitarnya.

"Oleh sebab itu melalui adanya Pokdarwis ini diharapkan dapat mempengaruhi, berkoodinasi untuk melakukan kegiatan kreatif dalam memanfaatkan potensi-potensi sektor wisata yang ada di Kampungnya," ungkapnya.

Kristina menambahkan, melalui Pokdarwis ini juga diharapkan menjadi wadah bagi masyarakat setempat guna memfokuskan pengembangan peningkatan ekonomi masyarakat. (hms/aim/td/adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved