Breaking News:

Hindari Jerat Pinjol Ilegal, Kenali Ciri-cirinya dan Lapor Polisi jika Meresahkan

Masyarakat perlu mengenali ciri-ciri pinjol ilegal agar tidak terjerat. Menurut PJK ada 7 ciri pinjaman online ilegal yang harus diwaspadai.

Editor: Sumarsono
Kolase Freepik designed by bg_benzoix
Ilustrasi Pinjaman Online. Simak cara cek aplikasi pinjol ilegal melalui WhatsApp, tinggal ketik nama pinjaman online. Hati-hati di jagat maya banyak apilkasi pinjol ilegal 

Oleh: Sumarsono

Ketua Asosiasi Medis Siber Indonesia (AMSI) Kalimantan Timur

TRIBUNKALTIM.CO – Ana, seorang ibu rumah tangga mengaku resah, karena hampir sebulan lebih handphone (HP) sering berdering dihubungi orang tak dikenal.

Mereka mengaku dari perusahaan jasa pinjaman online (Pinjol) yang menyebut bahwa nomor Ibu tercatat sebagai penjamin dari seseorang yang meminjam sejumlah uang.

Tidak hanya melalui telepon, pihak perusahaan pinjol tersebut juga “meneror” lewat pesan singkat (SMS) dengan kata-kata yang membuat Ibu Ana semakin resah. Akhirnya, karena merasa tertekan dengan ‘teror’ telepon dan SMS, nomor HP pun terpaksa diganti.

Itulah sepenggal kisah dari masyarakat yang merasa dirugikan dengan tindakan perusahaan pinjol ilegal. Bahkan, dari pemberitaan media, ada korban pinjol ilegal yang sampai bunuh diri.  

Meski Pemerintah melalui aparat kepolisian (Polri) telah membubarkan dan menangkap pelaku usaha pinjol illegal, namun masih saja aksi orang-orang dari pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat.

Maraknya penawaran pinjol ilegal dengan iming-iming pinjaman cepat dan mudah membuat masyarakat perlu ekstra hati-hati.

Bagaimana agar tidak terjebak dengan pinjol ilegal, masyarakat harus mengenali macam-macam modusnya.

Baca juga: Polda Kaltim Bentuk Satgas Pinjol, Warga Diimbau Tak Segan Melapor jika Diintimidasi Penagih

Seperti dikutip dari Tribunnews.com, berikut beberapa modus pinjol ilegal, yakni melakukan penawaran melalui SMS atau WhatsApp, menggunakan nama produk mirip financial technology (fintech) lending legal, dan langsung mentransfer uang ke korbannya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved