Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Pemkab Kukar Komitmen Penuhi Kebutuhan Air Bersih Masyarakat, Sudah 62 Persen Terlayani PDAM

Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dasar air bersih masyarakat Kota Raja

Penulis: Aris Joni | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Kantor PDAM Tirta Mahakam Tenggarong. TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dasar air bersih masyarakat Kota Raja.

Hal tersebut terlihat beberapa kegiatan perbaikan pipa jaringan air bersih PDAM Tirta Mahakam, serta penyambungan sambungan rumah (SR) di 18 kecamatan yang ada di Kukar.

Bahkan, Bupati Kukar, Edi Damansyah pun fokus mewujudkan pemenuhan ketersedian air bersih melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), bahkan sampai turun tangan demi memastikan secara langsung.

“Memang saya turun langsung, karena saya konsen program air bersih desa yang sudah dikerjakan," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur, Suparno mengungkapkan, dari 193 desa san 44 kelurahan di Kukar, yang sudah terlayani PDAM sebanyak 123 desa/kelurahan dan program Pamsimas yang sudah tersalur sekitar 60 desa/kelurahan.

Baca juga: Nilai Investasi Jangka Panjang PDAM Tirta Mahakam Kukar Capai Rp 128 M

Baca juga: PDAM Tirta Mahakam Kukar Bakal Lakukan Pemetaan untuk Hindari Kebocoran Pipa

Baca juga: Gelar Rakor, PDAM Tirta Mahakam Kukar Pasang Target Percepatan Layanan kepada Masyarakat

Lanjut Suparno, dari pencapaian tersebut tentu masih ada kekurangan dan itu yang harus dikejar melalui program pemerintah kabupaten Kukar terkait kebutuhan dasar air bersih.

"Baik itu yang eksistingnya dilayani oleh PDAM maupun dengan program nasional yakni Pamsimas yang sudah ada dibeberapa desa," jelasnya. Rabu, (3/11/2021).

Suparno memnerangkan, setelah pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) diakuinya ada beberapa yang harus ditingkatkan, baik dari segi pengelolaan dan sistemnya.

"Karena program Pamsimas itu sendiri kan dananya gak terlalu besar. Paling tidak, akses air bersih di desa tersebut sudah didapatkan," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk cakupan pelayanan air bersih di Kukar sudah mencapai 62 persen. Sementara, target RPJMD Kukar untuk pencapaian program air bersih berada diangka 78 persen.

"Tapi kita selalu lakukan percepatan, dan peningkatan secara berkesinambungan," pungkasnya. (adv/kominfokukar)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved