Breaking News:

Datang Jauh dari Lampung, Bupati Pesawaran Tukar Pikiran dengan Ganjar soal Pola Pembangunan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerima kunjungan Bupati Pesawaran Provinsi Lampung, Dendi Ramadhona di rumah Dinas Puri Gedeh, Kamis

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menerima kunjungan Bupati Pesawaran Provinsi Lampung, Dendi Ramadhona di rumah Dinas Puri Gedeh, Kamis (11/11/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menerima kunjungan Bupati Pesawaran Provinsi Lampung, Dendi Ramadhona di rumah Dinas Puri Gedeh, Kamis (11/11/2021).

Dalam kesempatan itu keduanya saling bertukar pikiran mengenai pola pembangunan dan kebijakan di daerah masing-masing.

Baca juga: Usulkan Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan Nasional, Gubernur Ganjar Bikin Masyarakat Aceh Terharu

Dendi Ramadhona mengatakan, Kabupaten Pesawaran dan Jawa Tengah memiliki ikatan historis.

Daerah itu lahir karena banyak transmigran dari Jawa Tengah, di antaranya Bagelen, Karanganyar, dan Kutoarjo.

"Saya dari Kabupaten Pesawaran silaturahim ke beliau, sowan karena daerah saya itu cikal bakalnya juga dari Jawa Tengah, ada dari Bagelen Karanganyar, dan Kutoarjo. Saya bertukar pikiran dengan Bapak Gubernur yang luar biasa," kata Dendi saat usai bertemu Ganjar.

Pernyataan Dendi tersebut juga diperkuat dengan buku naskah arsip "Penelusuran Sejarah Kolonisasi Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Afdeeling Telok Betong (1905-1930)".

Dalam buku itu disebutkan wilayah Pesawaran merupakan lokasi transmigrasi pertama yang dipilih pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1905.

Proyek itu juga disebut kolonisasi  masyarakat Kedu di Pulau Jawa ke daerah Gedong Tataan, Telok Betong, Lampung.

Baca juga: Warga Heboh, Gubernur Ganjar Pranowo Gelar Upacara Hari Pahlawan di Desa Temurojo

Ikatan historis itu juga yang membuat Dendi berusaha menggali ilmu dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, khususnya terkait pola-pola pembangunan dan kebijakan di Jawa Tengah.

"Kami minta masukan agar bisa kami aplikasikan di Kabupaten Pesawaran kami tercinta. Hampir satu jam kami berbincang, rupanya keluar semua ilmunya dan insyaallah akan kami aplikasikan segala wejangan dan juga program beliau yang berhasil di Jawa Tengah untuk dibuat di Kabupaten Pesawaran," katanya.

Pada akhir pertemuan, Ganjar Pranowo dan Dendi saling bertukar cenderamata. Ganjar menerima peci tapis sulam jelujur khas Lampung.

Peci tersebut diproduksi di Desa Sungai Langka, Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Sementara Dendi menerima cenderamata dari Ganjar berupa kain lurik Klaten dan beberapa produk UMKM dari Jawa Tengah.

Baca juga: Ziarah ke Makam Pejuang di Blora, Ganjar Bakal Perjuangkan Pocut Meurah Intan Jadi Pahlawan Nasional

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menitipkan salam kepada masyarakat Kabupaten Pesawaran melalui video singkat yang direkam sendiri oleh Dendi.

"Salam buat semua warga Pesawaran," kata Ganjar. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved