Berita Kubar Terkini

Didik Efendi Dilantik Jadi Ketua GPMB Kutai Barat, Bupati Kubar Harapkan Minat Baca Meningkat

Wakil Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Kalimantan Timur Fitri Susilowati melantik pengurus GPMB Kutai Barat, Kamis (11/11/2021)

Penulis: Zainul | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI
Wakil ketua GPMB Provinsi Kalimantan Timur, Fitri Susilowati melantik pengurus GPMB Kutai Barat di Alun-alun Itho Sendawar, Kamis (11/11/2021). TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL MARSYAFI 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Wakil Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Kalimantan Timur Fitri Susilowati melantik pengurus GPMB Kutai Barat, Kamis (11/11/2021) di Alun-alun Itho Sendawar. 

H. Didik Efendi didapuk sebagai Ketua GPMB Kabupaten Kutai Barat.

Pelantikan tersebut disaksikan langsung Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kutai Barat, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan dan jajaran pengurus GPMB

Bupati Kutai Barat dalam sambutannya yang dibacakan Sekdakab Kutai Barat Ayonius mengatakan, Pemkab Kubar mengapresiasi atas terbentuk dan dilantiknya Ketua Umum pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kabupaten Kutai Barat 

"Melalui gerakan ini ke depannya GPMB dapat menjadi wadah masyarakat yang peduli, menggerakkan minat baca dan budaya gemar membaca masyarakat di wilayah Kutai Barat," ujarnya,  Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Peringati Hari Ozon Sedunia, Forum Anak dan GPMB Kuaro Paser Gelar Lomba Kembangkan Literasi Pelajar

Baca juga: Sambut Hari Anak Nasional, GPMB Gelar Workshop Bercerita, Bangkitkan Minat Baca Sejak Usia DIni

Baca juga: Songsong Ibu Kota Baru, GPMB Dibentuk di Penajam Paser Utara, Tingkatkan Minat Membaca

Menurutnya, dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, harus memiliki minat dan budaya membaca masyarakat yang tinggi terlebih dahulu, maka itu gerakan gemar membaca harus dimulai dari keluarga.

Selain itu pengurus dan jajaran GPMB harus mensosialisasikan dan mendukung gerakan minat dan budaya baca di masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi organisasi ini dibentuk.

“Keberadaan organisasi ini akan menjawab tantangan dan kebutuhan di masyarakat terkait minat baca, dengan meningkatkan sinergitas baik dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten, sekolah-sekolah ataupun perpustakaan khusus lainnya,” ucapnya berharap.

Hal penting lainnya dalam penyediaan buku-buku yang sesuai dengan tuntutan zaman, pendampingan orangtua sangat diperlukan guna memastikan keluasan akses informasi tidak disalahgunakan, sebab anak-anak zaman sekarang jauh berbeda cara belajarnya, anak-anak sekarang sangat visual.

“Oleh karena itu menjadi keharusan kita juga untuk menyediakan sumber bacaan yang kaya visual dan menarik. Hal tersebut menjadi pekerjaan rumah yang harus menjadi pemikiran kita bersama ke depan,” ujarnya. 

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kutai Barat Bahtiar mengatakan,  kondisi minat dan budaya gemar membaca di Indonesia saat ini belum memenuhi amanat UUD 1945.

Baca juga: GPMB Paser Bentuk Kepengurusan di Kecamatan Kuaro, Kembangkan Minat Baca di Masyarakat

Menurut UNESCO, Indonesia berada dalam urutan kedua dari bawah perihal literasi dunia yang artinya negara dengan minat baca di level  yang  rendah sekitar 37,32%, yakni dari sekitar 1000 orang hanya 1 orang yang suka membaca di Indonesia dan  pada saat ini berada di urutan 75 dari 85 negara dalam hal minat baca.

GPMB dapat berfungsi sebagai wadah masyarakat yang peduli untuk menggerakkan minat dan budaya membaca di masyarakat, meningkatkan peran perpustakaan untuk turut mewujudkan pembangunan masyarakat Kutai Barat, di mana manusia yang berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur.

“Semoga pengurus dapat melakukan pengembangan dan memiliki strategi yang tepat dalam upaya pencapaian tujuan dari organisasi dan bersama pemerintah Kutai Barat mewujudkan masyarakat Kutai Barat yang cerdas dan berpengetahuan luas, unggul dan berdaya saing tinggi melalui budaya gemar membaca dan belajar sepanjang hayat,” ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved