Berita Pemkab Mahakam Ulu

Pemkab Segera Bangun 10 Kantor OPD, Wabup Pimpin Rakor Persiapan Pembangunan Kantor

Dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana untuk penunjang pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu)

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Wakil Bupati Yohanes Avun saat menghadiri Rakor Persiapan Pembangunan Kantor OPD Mahulu yang berlangsung di ruang rapat Setkab Mahulu, Selasa (9/11/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Dalam rangka meningkatkan sarana dan prasarana untuk penunjang pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu) mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pembangunan Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Rakor Persiapan Pembangunan Kantor OPD yang dipimpin Wakil Bupati Drs Yohanes Avun MSi dan dihadiri  Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Ir Dodit Agus Riyono MP, Inspektur Inspektorat Budi Gunarjo Ompusunnggu SE.Ak MM CA AAP, Kadis PUPR Yohanes Andi Abeh SSos MM, Kepala BPKAD Gerry Gregorius SE MSi, Ak CA, dan Kepala Bapelitbangda yang diwakili Kabid Rudy Warjono SSi ini digelar di ruang rapat Setkab Mahulu, Selasa (9/11/2021).

Baca juga: 119 Pejabat Administrator dan Pengawas Dilantik, Bupati: Jabatan Itu Komitmen Melaksanakan Tugas

Wabup mengatakan, rencana pembangunan kantor OPD ini dengan sistem swakelola tipe 1.

Artinya dengan tahapan kegiatan direncanakan, dilaksanakan, dan diawasi oleh masing-masing OPD dengan leading sector sebagai pengawas teknis konstruksi pelaksana yaitu Dinas PUPR dan APIP atau Inspektorat.

"Jadi, sistem swakelola ini melibatkan masyarakat di sekitar mulai dari tukangnya maupun material. Kita berdayakan masyarakat dan pengusaha material yang ada di sini. Untuk ukir juga kita pekerjakan pengukir seni dari daerah sini. Karena apabila kita lelang pasti jarang tepat waktu, ada saja nanti masalahnya," ungkap Yohanes Avun.

Lebih lanjut Yohanes Avun menjelaskan, rencana pembangunan kantor OPD akan dilaksanakan pada tahun 2022 dengan perencanaan pembangunan pada 10 kantor yang terdiri dari kantor PUPR, Inspektorat, Perizinan, disdukcapil, Bappenda, BPKAD, BKPP, Disparpora, DKPP, DPMPK.

"Jadi, pilihan 10 kantor atas dasar kesepakatan bersama pada rakor hari ini. Rencana pada pembangunan 10 kantor ini akan dibuatkan SK OPD penetapan pelaksana swakelola dan penetapan standar biaya yang drafnya akan dibuat oleh bagian pengadaan barang dan jasa," jelasnya.

Baca juga: Platform Indonesiana Promosikan Mahulu, Wabup Buka Workshop Peningkatan Tata Kelola Festival Budaya

Lanjut Wabup, pemkab menganggarkan dana pada setiap OPD untuk membangun kantornya sendiri dengan satu desain dan di satu lingkungan di lahan aset milik Pemkab Mahulu.

"Maka dengan rencana akan dibangunkan 10 perkantoran total anggarannya itu Rp 15 miliar. Dalam RKPD 2022 dianggarkan 10 miliar, masih ada kekurangan Rp 5 miliar. Nah, untuk tambahan Rp 5 miliar itu, ditentukan setelah ada evaluasi Ranperda APBD TA 2022 oleh Pemprov Kaltim,” ujarnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved