Breaking News:

Virus Corona di Malinau

PPKM Turun Level 2, Pengendalian Orang Masuk Malinau Masih Diberlakukan

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau masih memberlakukan pengetatan orang keluar masuk

Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI
Pemeriksaan dokumen persyaratan pelaku perjalanan di Pelabuhan Speedboat Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu.TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI 

TRIBUNKALTIM.CO,MALINAU- Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau masih memberlakukan pengetatan orang keluar masuk.

Kebijakan pengendalian pelaku perjalanan masih akan diberlakukan untuk mengantisipasi gelombang ke 3 kasus Covid-19 yang diprediksi Desember 2021 mendatang.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau, Wempi W Mawa menjelaskan walaupun ada sejumlah kelonggaran untuk wilayah kriteria level 2, namun ketentuan orang keluar-masuk masih akan diperpanjang.

"Kita belajar dari pengalaman lonjakan kasus kemarin, dan berusaha agar ini tidak terulang. Kebijakan tiap-tiap daerah bisa saja berbeda, di Malinau kita masih akan berlakukan," ujarnya, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Update Covid-19 di Kaltim, Selama Beberapa Hari Terakhir Nol Kasus Meninggal Dunia.

Baca juga: Jadi Irup Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Kubar Ajak Bersatu Perangi Covid-19

Baca juga: Gelar Vaksinasi Covid-19, Wagub Hadi Sampaikan Terima Kasih kepada Barmuda dan PMI

Berdasarkan Inmendagri 58/2021, Kabupaten Malinau dan seluruh kabupaten/kota di Kaltara ditetapkan sebagai wilayah kriteria level 3 hasil asesmen Kemenkes RI.

Dari seluruh kabupaten/kota di Kaltara, hanya kabupaten Malinau yang masih mensyaratkan hasil pemeriksaan negatif Covid-19 bagi pelaku perjalanan transportasi air.

Menurutnya, Tiap-tiap daerah diberi kewenangan untuk menerapkan kebijakan pengetatan sesuai analisa dan risiko kerawanan.

"Pelaku perjalanan tetap harus menaati ketentuan yang kita berlakukan. Ini dilakukan karena kita tidak mau ada kenaikan kasus seperti kemarin. RSUD penuh sampai defisit oksigen. Mencegah lebih baik dari pada mengobati," katanya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Sudah Bergulir 9 Bulan, Sulit Dijangkau Warga Pedalaman

Kebijakan pemeriksaan orang keluar-masuk ke Kabupaten Malinau akan dituangkan dalam Surat Edaran Bupati Malinau tentang pengendalian orang keluar masuk.

Dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang diprediksi akan terjadi jelang Natal dan Tahun Baru pada Desember 2021 mendatang. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved