Breaking News:

Kebakaran di Tarakan

Total Rp 328 Juta Terkumpul dan Disalurkan Kepada Korban Kebakaran RT 3 Sebengkok Kota Tarakan

Total bantuan bersumber dari APBD Kota Tarakan, per KK sebagai pemilik rumah menerima Rp 1,5 juta dan KK sebagai penyewa Rp 1 juta.

TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH
Warga RT 3 Kelurahan Sebengkok yang menjadi korban kebakaran sudah menerima bantuan uang tunai dan sembako. TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN – Korban kebakaran di RT 3 Kelurahan Sebengkok akhirnya menerima bantuan dan disalurkan pada Senin (8/11/2021) lalu.

Total bantuan bersumber dari APBD Kota Tarakan, per KK sebagai pemilik rumah menerima Rp 1,5 juta dan KK sebagai penyewa Rp 1 juta.

Dikatakan Wali Kota Tarakan, dr Khairul, M.Kes, pemilik rumah berjumlah 38 KK dan penyewa ada 5 KK. Ditotalkan ada 45 KK yang menerima bantuan dari Pemkot Tarakan.

Selain bantuan dari APBD, juga ada donasi dari masyarakat yang dikumpulkan dan diserahkan ke posko di Kelurahan Sebengkok. Bantuan itu turut dibagikan bersama-sama.

“Yang diserahkan ke posko terkumpul sekitar Rp 328 juta dan dikurangi biaya operasional ada makan saat itu tiga hari pertama diambil dari Baznas dan selebihnya itu sekitar Rp 20 juta dipotong untuk biaya makan di hari keempat dan seterusnya,” beber Khairul.

Baca juga: Gubernur Zainal Paliwang Berencana untuk Relokasi Warga Korban Kebakaran di Sebengkok Tarakan

Baca juga: 76 KK Korban Kebakaran di Sebengkok Tarakan Mengungsi, Butuh Air dan Perlengkapan Bayi

Baca juga: Walikota Tarakan Khairul Sebut 37 Rumah dan 67 KK Terdampak Kebakaran di Sebengkok

Ia menambahkan, ada sisa Rp 307 juta yang berhasil dikumpulkan dan dibagikan kepada korban kebakaran.

“Untuk pemilik rumah per KK dapatnya sekitar Rp 7 juta lebih atau hampir Rp 8 juta kalau tidak salah. Kemudian penyewa hampir Rp 5 juta atau sekitar Rp 4,9 juta kalau tidak salah,” ujarnya.

Selain itu sembako sudah dibagikan yang sudah melalui posko termasuk peralatan kasur dan alat masak,

itu bantuan dari Pemkot melalui Kemensos. Lalu ada lagi dari keluarga HIKMA menyerahkan Rp 27 juta.

“Itu saya suruh serahkan ke mereka bagi rata kepada koordinator RT. Bagi masyarakat yang masih mau menyumbang silakan ke korbannya di Rusunawa. Karena posko sudah ditutup dan semua sudah dibagikan,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved