Berita Pemkab Mahakam Ulu

Wabup Mahulu Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Kemiskinan dan Kebodohan Jadi Musuh Bersama

Wakil Bupati (Wabup) Mahakam Ulu (Mahulu) Drs Yohanes Avun MSi memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan ke-76 di lingkungan Pemkab Mahulu yang

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Wakil Bupati Mahulu Yohanes Avun memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan ke-76 di lingkungan Pemerintah Pemkab Mahulu yang berlangsung di lapangan Ujoh Bilang. Rabu (10/11/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Bupati (Wabup) Mahakam Ulu (Mahulu) Drs Yohanes Avun MSi memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan ke-76 di lingkungan Pemkab Mahulu yang berlangsung di lapangan Ujoh Bilang, Rabu (10/11/2021).

Upacara yang dimulai sejak pukul 08.00 tersebut berlangsung dengan penuh khidmat.

Dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, turut dihadiri Wakil Ketua I Tiopilus Hanye SAB MSi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra (Asisten I) Ir Dodit Agus Riyono MP, dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mahulu.

Baca juga: Bupati Mahulu Sambut Kunjungan Kerja Ombudsman Kaltim

Dalam amanat Menteri Sosial RI Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T. yang dibacakan Wakil Bupati Yohanes Avun mengatakan, melalui peringatan Hari Pahlawan ke 76 menjadikan momentum semakin mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia. Perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita, Bangsa Indonesia. Seraya mengembangkan toleransi terhadap perbedaan yang ada, dengan berdasar seloka Bhinneka Tunggal Ika, berbeda–beda namun tetap satu jua," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan wabup, pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan hendaknya menjadi contoh.

Baca juga: Asisten I Hadiri Pembahasan Percepatan Segmen Batas Antara Provinsi Kalteng dan Provinsi Kaltim

Dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua untuk mengemban misi bersejarah "mengalahkan" musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas.

Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 "Pahlawanku Inspirasiku".

Wabup mengajak melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, bersama-sama bahu-membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

"Tentunya melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini marilah kita jadikan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya," tambah Wabup.

Baca juga: Pemkab Segera Bangun 10 Kantor OPD, Wabup Pimpin Rakor Persiapan Pembangunan Kantor

Usai upacara peringatan Hari Pahlawan ke-76, Wabup Yohanes Avun secara simbolis menyerahkan santunan sosial berupa buku tabungan kepada masyarakat lanjut usia. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved