Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Komisi IV Ingin Bangkitkan PMI di Kaltim

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid mendorong PMI yang ada di Kalimantan Timur bisa bangkit melayani keperluan darah masyarakat.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas DPRD Kaltim
Dipimpin Wakil Ketua Ely Hartaty Rasyid, Komisi IV DPRD Kaltim melakukan kunjungan kerja ke PMI Kota Balikpapan, Rabu (10/11/2021) lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid mendorong PMI yang ada di Kalimantan Timur bisa bangkit melayani keperluan darah masyarakat.

Hal itu menjadi keinginan Komisi IV DPRD Kaltim.

Baca juga: Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP, Sigit: Nilai Kepahlawanan Jadi Inspirasi Inovatif

Upaya tersebut dilakukan komisi bidang sosial ini dengan menyambangi PMI Kota Balikpapan guna menjaring masukan dan informasi.

"Peran PMI sangat luar biasa, sesuai yang kita dengarkan hari ini penjelasan dari PMI Kota Balikpapan. Terutama pada masa pandemi, kita tentu berharap dan mendorong agar PMI yang ada di Kalimantan, khususnya selain Balikpapan dan Samarinda, bisa tumbuh melayani mayarakat dengan optimal," kata Ely.

Misalnya, ia menambahkan, PMI di Kutai Kartanegara yang cukup memprihatinkan karena hingga kini belum memiliki gedung sendiri.

Jika belajar dari PMI Kota Samarinda, tentu bukan perjuangan mudah untuk bisa membangun sedemikian tersistem hingga dapat melayani kebutuhan darah.

"Apalagi saat pandemi, seandainya PMI di sejumlah daerah di Kaltim aktif maka bisa saling bertukar keperluan stok darah. Hanya yang perlu menjadi pemahaman masyarakat bahwa darah yang didonorkan tidak serta-merta bisa langsung disalurkan, namun memerlukan proses panjang yang cukup rumit, terutama kebutuhan darah untuk terapi plasma konvalesen bagi pasien Covid-19," urai Ely dalam pertemuan yang juga dihadiri Sekretaris Komisi IV Salehuddin.

Baca juga: Terima Aduan soal Lingkungan, Komisi I Sambangi PT KPC

Rombongan DPRD diterima langsung oleh Ketua PMI Kota Balikpapan, Dyah Muryani.

Dijelaskan sejumlah kondisi kantor PMI dan alur proses pendonoran darah dari relawan hingga darah siap disalurkan kepada pasien.

Selain itu, Komisi IV DPRD Kaltim juga menyempatkan meninjau langsung sejumlah ruang dan peralatan yang ada di PMI Balikpapan. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved