Breaking News:

Virus Corona di Kubar

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Gelombang Ketiga, Wabub Kubar Ingatkan Masyarakat Tingkatkan Prokes 

Kasus penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Kutai Barat saat ini, terus menunjukkan tren angka yang mengalami penurunan secara perlahan

Penulis: Zainul | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Wakil Bupati Kutai Barat H. Edyanto Arkan.TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR- Kasus penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Kutai Barat saat ini, terus menunjukkan tren angka yang mengalami penurunan secara perlahan.

Diketahui saat ini, wilayah Kutai Barat sudah menyandang status zona kuning penyebaran Covid-19 dan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah turun ke level 2.

Bahkan beberapa wilayah Kecamatan dan Kampung sudah menyandang zona hijau alias nol kasus Covid-19

Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat tetap mengantisipasi adanya kemungkinan akan ada serangan pandemi Covid-19 gelombang ke- tiga di Kutai Barat.  

Wakil Bupati Kutai Barat H. Edyanto Arkan mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya gelombang ke 3 kasus Covid-19,  Pemkab Kubar saat ini tengah gencar menggelar Vaksinasi Massal dan tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat agar selalu meningkatkan penerapan protokol kesehatan Covid-19. 

Baca juga: Percepat Realisasi Vaksinasi Covid-19 di Kaltara, Binda Sasar Door to Door pada 2 Kelurahan

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik 2 Pekan Terakhir, Kadinkes Malinau Beber Belum Ada Kluster PTM dan Takziah

Baca juga: Kenaikan Kasus Covid-19 di Malinau Dipicu PTM dan Takziah, Masuk Wilayah Diawasi Kemenkes RI

"Saat ini Kubar sudah berada di level 2 PPKM, dan memang masih termasuk dalam zona kuning. Sesuai dengan Permendagri kemarin kita juga harus mentisipasi kemungkinan ada gelombang ke-tiga," Ujar H. Edyanto Arkan, Rabu (17/11/)

Turunnya level PPKM ini kata Wabub Kubar, bukan berarti sudah bebas sepenuhnya dari pandemi Covid-19.

Oleh karenanya dia meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan prokes.

Serta mengikuti anjuran dan imbauan yang terus dilaksanakan oleh pemerintah guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang masih mungkin bisa terjadi.

"Untuk langkah pemerintah daerah dalam mengantisipasi lonjakan kasus yang masih mungkin terjadi adalah tetap meminta masyarakat menjalankan prokes yang ada. Selain itu, upaya lainnya adalah dengan mempercepat vaksinasi kepada masyarakat," jelasnya.

Upaya tetap menjalankan prokes secara disiplin ini diharapkan menjadi penangkal dalam bertambahnya kasus.

Baca juga: Binda Kaltim Beri 5 Ribu Lebih Vaksin Covid-19 untuk Pelajar dan Warga Umum di Kalimantan Timur

Yang mana upaya menjalankan prokes ini harus tumbuh dari kesadaran diri masing-masing. Walaupun saat ini vaksinasi memang sudah masif dilakukan serta sangat antusias diikuti oleh masyarakat.

"Antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sekarang sudah sangat tinggi. Namun demikian, tetap kita minta bersamaan dengan mengetatkan prokes. Terutamanya dalam menggunakan masker dan menjaga jarak," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved