Breaking News:

Berikan Kemudahan Akses kepada Masyarakat, BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi Layanan Digital

Menindaklanjuti situasi tersebut, maka BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan menerapkan layanan digital kepada masyarakat.

Editor: Diah Anggraeni
HO/BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan saat menggelar sosialisasi layanan digital di Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Kota Balikpapan, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang, tentunya diperlukan protokol kesehatan yang ketat.

Menindaklanjuti situasi tersebut, maka BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan menerapkan layanan digital kepada masyarakat.

Dengan adanya layanan tersebut, diharapkan masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Baca juga: UHC Plus Pemkot Balikpapan Permudah Layanan Peserta JKN-KIS, Dirut BPJS Kesehatan Beri Apresiasi

Masyarakat maupun peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat memanfaatkan layanan digital tersebut melalui aplikasi Mobile JKN, layanan administrasi melalui Whatsapp (Pandawa), Chat Asistant JKN (Chika), dan Care Center BPJS Kesehatan 165.

Untuk menyebarluaskan layanan tersebut, BPJS Kesehatan pun menggelar sosialisasi di Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Kota Balikpapan.

Menurut Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan I Dewa Ayu Kade Sartika Dewi, sosialisasi dilakukan sebagai upaya mengedukasi masyarakat dalam memanfaatkan layanan digital dari BPJS Kesehatan.

Saat ini masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendapatkan layanan administrasi.

"Dalam kegiatan sosialisasi ini, kami menginformasikan tata cara dalam mengakses layanan digital yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Harapan kami masyarakat dapat terinformasi dan memahami mengenai tata cara mengakses layanan digital BPJS Kesehatan, sehingga masyarakat mendapat kemudahan dan tidak perlu lagi untuk datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan. Layanan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dapat melalui aplikasi Mobile JKN, layanan Pandawa, Chika dan layanan Care Center BPJS Kesehatan 165," ujar Dewa, beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Karena Pindah Alamat Rumah, Ini Cara Mudah Merubah Faskes BPJS Kesehatan Pakai Aplikasi Mobile JKN

Kegiatan itu pun mendapat dukungan dari Lurah Gunung Samarinda Baru, Slamet Riyadi.

Dikatakannya, sosialisasi yang diberikan BPJS Kesehatan sesuai visi dan misi Walikota Balikpapan, terutama terkait layanan administrasi maupun pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS, khususnya mereka yang iurannya dijamin oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

"Kegiatan sosialisasi ini untuk menginformasikan mengenai pelayanan digital untuk peserta JKN-KIS di Kota Balikpapan. Pemahaman layanan digital ini diberikan kepada ketua rukun tetangga (RT), tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di Kelurahan Gunung Samarinda Baru. Yang kita targetkan yaitu pemahaman dari Bapak atau Ibu Ketua RT dulu. Setelah itu, mereka akan menularkan pemahaman ini ke warganya masing-masing. Diharapkan semua masyarakat dapat memahami pelayanan BPJS Kesehatan ini," ujar Slamet.

Sebagai informasi, layanan pandawa untuk Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser dan Kabupaten Berau dapat diakses melalui nomor WhatsApp 082159036318. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved