Breaking News:

Diskominfo Balikpapan Sosialisasikan Masterplan Smart City

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan menggelar sosialisasi masterplan smart city di Aula Bappeda Litbang, Selasa (16/11/2021)

Editor: Diah Anggraeni
HO
Sosialisasi masterplan smart city yang digelar Diskominfo Kota Balikpapan di Aula Bappeda Litbang, Selasa (16/11/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Balikpapan menggelar sosialisasi masterplan smart city di Aula Bappeda Litbang, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan yang menyasar perangkat daerah di lingkungan Pemkot Balikpapan ini ,enghadirkan narasumber pegiat smart city yang juga merupakan Direktur PT Tata Cipta Teknologi Indonesia, Daniel Hary Prasetyo.

Kegiatan sosialisasi dibuka Kepala Diskominfo Balikpapan, Sutadi mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud.

Baca juga: Balikpapan Songsong Smart City, Perhatikan Aspek Lingkungan

Dalam kesempatan ini, Sutadi juga membacakan sambutan Wali Kota Rahmad Mas'ud bertajuk "Strategi dan Kolaborasi Peningkatan Program Balikpapan Smart City".

"Smart city adalah upaya inovatif yang dilakukan atau sistem kota dalam mengatasi berbagai persoalan, juga meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas setempat," ungkapnya.

Sebagai bentuk komitmen dalam pembangunan dan pengembangan smart city, pemerintah kota melakukan akselerasi dan menyinergikan penerapan smart city sesuai RPJMD Kota Balikpapan.

Penekanannya pada enam pilar yang meliputi tata kelola birokrasi, smart government; pemasaran daerah, smart branding; perekonomian, smart economy; lingkungan, smart environment; permukiman, smart living; dan lingkungan masyarakat, smart society.

"Penguatan literasi smart city Kota Balikpapan dilakukan melalui beberapa kegiatan. Pertama pencanangan smart city oleh Wali Kota Balikpapan pada tahun 2020, sosialisasi literasi pada ASN, masyarakat atau komunitas serta pada publik secara online pada 2020 sampai 2022," sebutnya.

Baca juga: Isran Noor Singgung Smart City Balikpapan di Hadapan Ketua Menteri Sabah, Begini Respon Walikota

Isu strategis yang diharapkan mendapat perhatian semua pihak, terutama dalam penerapan smart city, yakni masterplan smart city seluruh kepala OPD harus terintegrasi dengan Renstra dan RPJMD Kota Balikpapan Tahun 2021-2026.

"Masing-masing perangkat daerah harus proaktif melaporkan masterplan smart city yang telah dilaksanakan serta rencana inovasi, pelaksanaan smart city, dan yang akan dilaksanakan kepada Bappeda dan Diskominfo Kota Balikpapan," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved