Breaking News:

Virus Corona di Malinau

Kenaikan Kasus Covid-19 di Malinau Dipicu PTM dan Takziah, Masuk Wilayah Diawasi Kemenkes RI

Kementerian Kesehatan RI mewaspadai kenaikan kasus Covid-19 di 126 kabupaten kota di Indonesia, sepekan terakhir

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI
Aktivitas peserta didik sepulang sekolah saat pelaksanaan PTM Terbatas di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (17/11/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Kementerian Kesehatan RI mewaspadai kenaikan kasus Covid-19 di 126 kabupaten kota di Indonesia, sepekan terakhir.

Dalam keterangan pers terkait hasil evaluasi PPKM per 15 November 2021, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi menjelaskan sebagian besar kenaikan kasus Covid-19 dipicu kasus yang berasal dari aktivitas PTM di sekolah dan kegiatan takziah.

"Kita melakukan pendalaman sebagian besar kenaikan karena adanya kasus positif di sekolah dan takziah," ujarnya melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin lalu (15/11/2021).

Hasil evaluasi Kementerian Kesehatan RI, terdata ada 3 kabupaten/kota mengalami kenaikan kasus positif selama 3 minggu berturut-turut.

Baca juga: Permintaan Vaksin Covid-19 Dosis 2 di Malinau Meningkat, Dinkes Buka Pelayanan Rutin

Baca juga: PPKM Turun Level 2, Pengendalian Orang Masuk Malinau Masih Diberlakukan

Baca juga: Terkendala Jaringan Internet, Selisih Data Vaksinasi Covid-19 di Malinau Capai 5 Ribu Penerima

Sementara 17 kabupaten kota lainnya mengalami kenaikan kasus selama 2 pekan terakhir. Kabupaten Malinau masuk dalam daftar 17 kabupaten kota tersebut hasil evaluasi Kemenkes RI.

Kemenkes RI telah merumuskan pola pengawasan bersama Mendikbud Ristek agar PTM terbatas tetap bisa dilaksanakan dengan pemantauan ketat.

"Kita sudah mengadakan konsolidasi, bagaimana kita tetap bisa melaksanakan program tatap muka, tapi dengan surveillance yang aktif dan proaktif," katanya.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau, Wempi W Mawa menyampaikan, pelaksanaan PTM terbatas masih terus diawasi pihaknya hingga saat ini.

Baca juga: UPDATE Virus Corona di Malinau, Telah Turun Level 2, Event Olahraga Boleh Digelar

Pola pengawasan dilaksanakan berjenjang mulai dari pihak sekolah, Satgas desa dan kecamatan hingga Satgas tingkat Kabupaten.

Saat ini Malinau dan kabupaten kota di Kaltara sudah turun ke level 2.

Halaman
12
Sumber: Tribun kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved