Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Resmikan Pamsimas di Desa Muara Sira Muara Kaman, Bupati Kukar Serahkan Pengelolaannya ke BUMDes

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah kembali meresmikan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kukar.

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Bupati Kukar Edi Damansyah menjelaskan keberadaan Pamsimas ini bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah kembali meresmikan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kukar.

Jika sebelumnya peresmian berlangsung di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan beberapa waktu lalu, kali ini Edi Damansyah meresmikan bangunan Pamsimas di Desa Muara Sira, Kecamatan Muara Kaman pada Rabu (17/11/2021) kemarin.

Edi berharap, keberadaan Pamsimas ini bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dia menegaskan, pihaknya serius dalam menanggulangi masalah air bersih sebagai kebutuhan dasar masyarakat di Kukar.

"ini merupakan bagian dari program dedikasi Kukar Idaman untuk penyediaan air bersih desa guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat," katanya.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga, Bupati Kukar Resmikan Pamsimas di Dusun Karya Makmur

Baca juga: Tinjau Pamsimas Desa Menamang Kanan-Kiri, Bupati: Pemkab Serius Soal Air Bersih

Usai meresmikan bangunan Pamsimas tersebut, dia menyerahkan pengelolaannya kepada BUMDes setempat guna mengoptimalkan keberadaan Pamsimas.

"Jadi kenapa BUMDes yang disuruh mengelola, karena BUMDes ini perusahaan desa yang dimilik desa, kami mengarahkan dikelola oleh BUMDes ini karena prinsipnya usaha air bersih yang dikelola oleh pemerintah tersebut bukan untuk mencari keuntungan," jelasnya.

Untuk biaya tarif bulanan yang akan dibebankan kepada pelanggan, Edi Damansyah berpesan kepada pengelola yang ditunjuk nantinya oleh desa agar dalam menetapkan tarif harus berada di bawah tarif normal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

"Makanya saya selalu berpesan kepada setiap pengelolaan Pamsimas yang saya datangi agar dalam menetapkan tarif harus berada di bawah tarif PDAM karena ini skalanya juga kecil," terangnya.

Ia juga meminta pihak desa untuk mendata apa saja yang menjadi kebutuhan dari peningkatan kapasitas produksi dari Pamsimas tersebut, sehingga ke depan pelayanan air bersih kepada seluruh masyarakat yang berada di Desa Muara Siran bisa terwujud.

Baca juga: Cek Pamsimas Desa Muara Aloh, Bupati Kukar Akan Bangunkan Tandon Kapasitas 25.000 Kubik

 
"Nanti dihitung, kalau nanti hitungannya ada, nanti kita selesaikan di tahun 2022 yang akan datang, supaya peningkatan kapasitas Pamsimas ini bisa memberikan pelayanan satu desa ini, kira-kira begitu," tuturnya. (adv/kominfokukar)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved