Breaking News:

Virus Corona

Satgas Covid-19 IDI Jamin Vaksin Booster Aman, Berikut Golongan yang Dapat Prioritas

Vaksinolog Dr. dr. Sukamto Koesno, menambahkan, kekebalan yang dirangsang oleh vaksin pada waktu tertentu akan turun

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 di kalangan pelajar. Vaksinolog Dr. dr. Sukamto Koesno, menyatakan, kekebalan yang dirangsang oleh vaksin pada waktu tertentu akan turun. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Vaksinolog Dr. dr. Sukamto Koesno, menyatakan, kekebalan yang dirangsang oleh vaksin pada waktu tertentu akan turun.

Karenanya perlu diberikan booster dengan harapan antibodi bisa meningkat kembali.

"Pada prinsipnya vaksin yang akan digunakan sebagai booster, sama atau berbeda, yang bisa untuk meningkatkan antibodi," tuturnya.

Tercatat hingga 17 November 2021, sebanyak 86,2 juta masyarakat Indonesia telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Baca juga: Percepat Realisasi Vaksinasi Covid-19 di Kaltara, Binda Sasar Door to Door pada 2 Kelurahan

Baca juga: Penerima Booster Vaksin Covid-19 Ada yang Gratis & Berbayar, Kisaran Harga Pfizer, Moderna, Sinovac

Baca juga: Gubernur Kaltim Isran Noor Bantah Telah Dapat Suntikan Vaksin Booster Dosisi Ketiga

Rencananya jika cakupan vaksinasi lengkap telah mencapai lebih dari 50 persen maka vaksinasi dosis ketiga atau booster akan dilakukan.

Ketua Satuan Tugas COVID-19 PB Ikatan Dokter Indonesia Prof Zubairi Djoerban mengatakan, vaksinasi dosis ketiga penting dilakukan dengan vaksin yang tersedia.

Booster bisa dengan vaksin yang sama di dua dosis sebelumnya atau vaksin yang berbeda.

"Negara-negara yang masyarakat sudah banyak disuntik vaksin dua dosis kini mengalami peningkatan kasus Covid-19, karenanya penting vaksin booster," ujar Prof Zubairi dalam dialog virtual FMB9 - KPCPEN, pada Kamis (18/11/2021). 

Baca juga: Jadwal Vaksin Moderna Bagi Masyarakat Umum di Balikpapan, Bukan untuk Booster

Dia mengatakan saat ini yang menjadi prioritas vaksin booster adalah tenaga kesehatan, pelayan publik, orang yang memiliki komorbid, dan juga kelompok lanjut usia.

"Vaksin booster aman buat usia lanjut seperti saya yang sudah hampir 75 tahun dan memiliki komorbid, saya diabet, darah tinggi dan pernah operasi jantung," katanya. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Satgas Covid-19 IDI: Vaksin Booster Penting dan Aman Diberikan kepada Masyarakat

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved