Breaking News:

Gerhana Bulan

Waktu Mengamati Gerhana Bulan Sebagian Hari Ini, Fase Awal Sebagian Mulai 14.18 WIB, Cara Melihatnya

Waktu mengamati gerhana bulan sebagian hari ini, Jumat 19 November 2021. Fase awal sebagian mulai pukul 14.18 WIB. Cara melihat, waktu dan daerahnya

Instagram lapan_ri
Ilustrasi gerhana bulan sebagian. Waktu mengamati gerhana bulan sebagian hari ini, Jumat 19 November 2021. Fase awal sebagian mulai pukul 14.18 WIB. Cara melihat, waktu dan daerahnya 

TRIBUNKALTIM.CO - Hari ini, Jumat 19 November 2021 akan terjadi salah satu fenomena astronomi, Gerhana Bulan Sebagian

Jangan lewatkan salah satu fenomewa astronomi yang kali ini akan menjadi Gerhana Bulan Sebagian terlama di abad ini. 

Simak waktu mengamati Gerhana Bulan Sebagian hari ini, cara melihat dan daerah di Indonesia yang dapat melihat selengkapnya. 

Waktu pengamatan Gerhana Bulan Sebagian dimulai dari fase awal gerhana yang dimulai pukul 14.18 WIB/15.18 Wita/16.18 WIT. 

Dibandingkan dengan Gerhana Bulan Sebagian sebelumnya, maka tahun 2021 ini durasinya menjadi yang terlama dibandingkan dengan peristiwa serupa yang pernah terjadi sebelum-sebelumnya.

Seperti dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com, Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang, gerhana bulan sebagian kali ini menjadi yang terlama di abad 21.

Penjelasan Andi, fenomena gerhana bulan tersebut adalah yang ke-45 dan peristiwa ke-71 gerhana dalam Seri Saros-126.

Baca juga: Tata Cara Sholat Gerhana Bulan 2 Rakaat Sendiri & Berjamaah, Ini Niatnya, Bahasa Arab, Latin, Arti

Seri Saros adalah sekumpulan peristiwa gerhana, di mana interval dua gerhana yang berurutan merupakan siklus Saros, yang memiliki durasi rata-rata 28 tahun 11 hari 8 jam dan terpaut sebesar 223 lunasi (siklus sinodis Bulan).

Menjelaskan proses terjadinya Gerhana Bulan Sebagian, Andi menerangkan bahwa pada Seri Saron untuk Gerhana Bulan diawali dengan gerhana bulan penumbra, yakni saat Bulan memasuki penumbra Bumi, kemudian perlahan memasuki umbra Bumi, sehingga terjadi gerhana bulan sebagian.

Selanjutnya, seluruh permukaan Bulan masuk ke dalam umbra, sehingga terjadi Gerhana Bulan Total dan puncak dari Seri Saros terjadi saat Gerhana Bulan Total sentral.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved