Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Pemkot Samarinda dan Putera Sampoerna Foundation Jajaki Kerja Sama untuk Beasiswa Perguruan Tinggi

Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menjajaki rencana kerja sama di bidang pendidikan dengan salah satu pihak swasta, yakni Putera Sampoerna Foundation

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Rahmad Taufiq
HO/DISKOMINFO SAMARINDA
Pertemuan antara Walikota Samarinda, Andi Harun dengan perwakilan Putera Sampoerna Foundation di Balaikota terkait kerja sama bidang pendidikan, Rabu (24/11/2021). HO/DISKOMINFO SAMARINDA 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menjajaki rencana kerja sama di bidang pendidikan dengan salah satu pihak swasta, yakni Putera Sampoerna Foundation.

Rencana kerja sama ini adalah dalam pemberian bantuan pendidikan berupa beasiswa bagi warga Kota Samarinda yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Walikota Samarinda, Andi Harun sendiri telah bertemu dengan perwakilan Putera Sampoerna Foundation pada Rabu (24/11/2021) dalam membahas penjajakan kerja sama tersebut.

Menyambut baik program ini, Andi Harun mengatakan bahwa dalam kerja sama tersebut Putera Sampoerna Foundation mengajak pemerintah daerah berkolaborasi dengan mengirimkan putra-putri terbaik di daerahnya untuk mendapatkan kesempatan belajar di Sampoerna University.

Perguruan tinggi yang berlokasi di Jakarta itu memiliki lisensi kemitraan dengan University of Arizona di Amerika Serikat, di mana penerima beasiswa nantinya juga akan memiliki kesempatan untuk studi selama tiga bulan di sana.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas SDM Guru, Gubernur Berkunjung ke Putera Sampoerna Foundation

Baca juga: 4 Putra Kukar Raih Beasiswa Kuliah di Sampoerna University, Bupati Edi Damansyah Serahkan Laptop

Maka dari itu Sampoerna Foundation ingin menawarkan sharing pembiayaan dengan Pemkot Samarinda dalam penyediaan beasiswa yang meliputi seluruh biaya pendidikan hingga selesai masa studi.

"Jadi tujuannya berkolaborasi dengan pemerintah daerah karena kalau sepenuhnya beasiswa dibiayai oleh foundation, maka penerima beasiswa bisa tidak mau kembali ke daerah, tetapi jika ada keterlibatan pemerintah, ada tanggung jawab moril agar anak itu mau kembali dan membangun daerahnya," kata Andi Harun, Rabu (24/11/2021).

Kendati rencana kerja sama ini masih dalam proses penjajakan, Pemkot Samarinda ingin melihat lebih jauh detail tentang bentuk kerja sama nantinya.

"Modelnya mungkin jika ada 4 anak yang berangkat dua orang dibiayai oleh foundation, dua orang lainnya oleh pemerintah," tutur Andi Harun lebih lanjut.

Beasiswa itu sendiri adalah beasiswa Fully Funded atau meliputi seluruh biaya pendidikan hingga selesai masa studi.

Putera Sampoerna Foundation sejauh ini telah bermitra dengan beberapa pemerintah daerah lainnya di Indonesia dalam menjalankan program beasiswa tersebut.

Baca juga: Ingin Liburan di Museum Sampoerna, Berikut Harga Tiket Masuknya dan Ini Koleksi Menariknya

Selaku perwakilan dari PSF, Mutmainna Syahril, Head of Government Relations meyakinkan dengan program ini dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing bagi generasi muda di daerah dan membuka peluang karier secara nasional maupun internasional.

"Jadi dengan biaya yang lebih murah tanpa harus menempuh pendidikan di luar negeri, kita sudah bisa mencetak lulusan sekaliber internasional dengan menempuh pendidikan di Universitas Sampoerna," jelasnya.

Ia pun menjamin setelah lulus, penerima beasiswa memiliki kesempatan yang luas dalam berkarier dengan adanya beberapa perusahaan yang berada di bawah naungan Sampoerna Foundation. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved