Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Ditetapkan Jadi Ibu Kota Baru, Penduduk Penajam Bertambah, Kepala Disdukcapil: Ingin Cari Pekerjaan

Penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara terus bertambah pascapenetapan Kecamatan Sepaku sebagai lokasi ibu kota negara Indonesia yang baru

Editor: Ikbal Nurkarim
HO/PUPR
Ilustrasi gambaran konsep Ibu Kota Negara RI di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Kini penduduk Panajam terus bertambah pascapenetapan Panajam sebagai IKN. 

TRIBUNKALTIM.CO - Penunjukan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sebagai calon ibu kota negara baru mulai dirasakan dampaknya.

Diketahui, pemerintah berencana memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pada April 2021, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa telah memastikan lokasi titik Istana Negara untuk calon ibu kota negara baru yang baru berada di Kecamatan Sepaku.

Kini, jumlah penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara terus bertambah pascapenetapan Kecamatan Sepaku sebagai lokasi ibu kota negara Indonesia yang baru.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara Suyanto mengatakan, arus urbanisasi tidak bisa terbendung sejak sebagian wilayah Penajam Paser Utara, yakni Kecamatan Sepaku, ditetapkan sebagai lokasi ibu kota negara yang baru.

Baca juga: SIGA Hadir Memudahkan Pendataan Keluarga Daerah Ibu Kota Negara RI di Kalimantan Timur

Baca juga: Bangun Ibu Kota Negara di Penajam Kaltim, Perlu Pertimbangan Ekonomis, Sosiologi dan Ekologis

Baca juga: Dirjen Kemendikbudristek Tinjau Lokasi Calon Ibu Kota Negara di Kaltim, Bidik Pendidikan

Bahkan, ia memprediksi, jumlah penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara akan terus meningkat dan harus melakukan antisipasi adanya lonjakan urbanisasi.

"Banyaknya warga pendatang baru di Kabupaten Penajam Paser Utara itu karena ingin mencari lapangan pekerjaan," ujarnya, Kamis (25/11/2021), dikutip dari Kompas.com, seperti ditulis Antara.

"Saat ini terdata jumlah penduduk terus bertambah, ada tambahan sekitar 3.673 jiwa sepanjang 2021," tambahnya.

Tercatat jumlah penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara sepanjang 2021 sebanyak 185.022 jiwa atau meningkat jika dibandingkan jumlah penduduk 2020 sebanyak 181.349 jiwa.

Disdukcapil sudah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data kependudukan dengan data Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved