Breaking News:

Berita Paser Terkini

Gaji Guru Honor di Paser Saat Ini Rp 2,2 Juta, Pemkab Sudah Siapkan Kenaikan pada Tahun Depan

Ada beberapa keluh kesah yang diharapkan dapat terwujud oleh tenaga pendidik di Kabupaten Paser pada peringatan Hari Guru Nasional yang diperingati ti

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Saptono, Kepala Sekolah SDN 014 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, menjelaskan terkait harapan para guru pada momentum peringatan Hari Guru Nasional, Kamis (25/11/2021). Ia berharap gaji guru honor di Kabupaten Paser bisa meningkat sesuai tingkat kebutuhan saat ini. TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Ada beberapa keluh kesah yang diharapkan dapat terwujud oleh tenaga pendidik di Kabupaten Paser pada peringatan Hari Guru Nasional yang diperingati tiap tahunnya.

Salah satunya, harapan itu datang dari Kepala Sekolah SDN 014 Tanah Grogot, Saptono.

Menurutnya, para guru perlu perhatian dari pemerintah karena sudah mengabdikan dirinya untuk mendidik generasi penerus bangsa.

Utamanya para guru honorer yang masih jauh dari kata sejahtera, karena gaji yang mereka peroleh belum bisa mencukupi kebutuhan tiap harinya.

"Walaupun gaji guru honorer sesuai standar dari daerah, mereka masih jauh dari kata sejahtera. Sementara dari segi pekerjaan tetap sama, yaitu ikut mencerdaskan anak bangsa," jelas Saptono saat ditemui di ruang kerjanya.

Baca juga: Cerita Guru Honorer di Nunukan Menyambi Jual Sayur Demi Anaknya yang Masih Sekolah

Baca juga: 15 Inspirasi Ucapan Lengkap 30 Link Twibbon untuk Ramaikan Hari Guru Nasional

Lebih lanjut Saptono mengatakan, gaji guru honorer di Kabupaten Paser saat ini, yaitu Rp 2,2 juta, yang diharapkan dapat ditingkatkan lagi menyesuaikan tingkat kebutuhan saat ini.

"Guru honorer berhak untuk sejahtera, karena mereka bekerja tujuannya untuk kesejahteraan mereka, yang bayarannya masih minim," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan, Ia menginginkan agar semua guru di Paser dapat meningkatkan kapasitasnya di masa Pandemi Covid-19.

"Kami berharap kepada semua guru apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini terus meningkatkan kapasitasnya agar bisa lebih berkualitas lagi ke depan," terangnya.

Dikatakan Fahmi, Pemkab Paser tidak menutup mata dalam hal peningkatan pendidikan di Kabupaten Paser.

Seperti halnya, dengan adanya program prioritas yang akan direalisasikan pada 2022 mendatang oleh Pemkab Paser di bidang pendidikan utamanya untuk menunjang fasilitas para guru.

Baca juga: Peringati Hari Guru, Walikota Balikpapan akan Berjuang Tingkatkan Kesejahteraan Para Pendidik

"Salah satu bentuk perhatian kami dari Pemda pada guru yaitu, program 1 guru 1 laptop, hanya saja untuk penyalurannya dilakukan secara bertahap," tambahnya.

Sementara berkaitan dengan adanya permintaan untuk peningkatan gaji guru, Fahmi Fadli menegaskan telah menyiapkan hal tersebut.

"Insha Allah 2022 sudah ada dari kami untuk peningkatan honor guru, cuman berapa besarannya nanti dari BKAD yang menjelaskan," tegas Bupati Paser.

Diketahui, pada peringatan Hari Guru Nasional sekaligus HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76 mengangkat tema "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan". (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved