Opini

Antisipasi Covid-19 Varian Omicron, Ayo Vaksin dan Patuhi Protokol Kesehatan Selama Libur Nataru

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 masyarakat diimbau untuk tidak mengabaikan Protokol Kesehatan dan wajib vaksin dosis lengkap.

Editor: Rahmad Taufiq
HO/POLSEK DERAWAN
Pemeriksaan kepatuhan protokol kesehatan di jembatan Tanjung Batu kepada masyarakat oleh tim Satgas Kepulauan Derawan. HO/POLSEK DERAWAN 

TRIBUNKALTIM.CO - PANDEMI Covid-19 sebulan terakhir ini telah menunjukkan penurunan. Bahkan di beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Timur sudah zero kasus virus Corona alias memasuki status Level 1.

Namun, menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 masyarakat diimbau untuk tidak mengabaikan Protokol Kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan tetap membudayakan cuci tangan dengan alir mengalir.

Tidak kalah pentingnya adalah harus segera vaksin dosis lengkap. Hal ini untuk menghindari terjadinya kenaikan kasus Covid-19 seperti beberapa bulan lalu. Apalagi sudah ada 5 orang yang positif Covid-19 varian baru, yakni Omicron.

Baca juga: Antisipasi Varian Omicron di Balikpapan, Satgas Covid-19 Kirim Dua Sampel ke Puslitbangkes Kemenkes

Empat orang di antaranya merupakan pelaku perjalanan dari luar negeri, dan satu orang petugas kebersihan di Wisma Atlet yang diduga tertular dari orang asing masuk Indonesia.

Jangan sampai kasus Covid-19 varian Delta kembali terulang dengan masuknya varian Omicron, sehingga kewaspadaan sejak dini perlu dilakukan semua komponen masyarakat.

Laju penyebaran virus yang bermula dari Kota Wuhan, China ini tidak akan tertahan bila masyarakat abai dengan Protokol Kesehatan.

Libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) sudah dimulai. Aktivitas orang yang akan merayakan Nataru di daerah masing-masing mulai terlihat.

Bagaimana untuk mengatasi penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron? Tentunya, dari masyarakat sendiri, yakni harus mampu menahan diri dengan mematuhi Protokol Kesehatan.

Sekali lagi ingat 5M (mencuci tangan dengan air mengalir dan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari aktivitas di luar, dan menjauhi kerumunan). 

Tentunya, kita semua tidak mau ikut terpapar karena lalai menjaga kesehatan dan keselamatan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved