Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

PDPAU Diubah Jadi Perumda Varia Niaga, Walikota Andi Harun Harapkan Perusahaan Tingkatkan Profit

Walikota Samarinda, Andi Harun melakukan perubahan terhadap Perusahaan Daerah Pergudangan dan Aneka Usaha (PDPAU) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Peru

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF
Walikota Samarinda, Andi Harun menjelaskan tentang perubahan PDPAU menjadi Perumda Varia Niaga Samarinda. TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDAWalikota Samarinda, Andi Harun melakukan perubahan terhadap Perusahaan Daerah Pergudangan dan Aneka Usaha (PDPAU) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Varia Niaga dalam pengesahan Raperda masa persidangan III bersama DPRD Samarinda.

Perda mengenai perubahan nomenklatur dan nama perusaahaan daerah milik Pemerintah Kota Samarinda itu menjadi salah satu dari tujuh Raperda yang disahkan menjadi Perda pada rapat paripurna DPRD, Kamis (26/11/2021) malam.

Mengenai perubahan tersebut, Andi Harun mengungkapkan alasan dibaliknya, selain salah satunya karena menyesuaikan ketentuan berdasar Peraturan Pemerintah (PP) nomor 54 tahun 2017 tentang Perusahaan Umum Daerah, perubahan nama ini juga akan menyertai upaya peningkatan unit usaha yang akan dilakukan oleh PDPAU nantinya.

Walikota Samarinda itu ingin perusahaan milik pemkot ini selain berfungsi sebagai pelayanan publik, namun juga dapat menghasilkan profit melalui unit usaha yang dikembangkan.

Terlebih formasi direksi yang baru di PDPAU ini diharap dapat mendongkrak performa perusahaan daerah tersebut.

Baca juga: Komisi II DPRD Samarinda Bertemu Direksi Baru PDPAU, Harap Bisa Sumbang untuk PAD

Baca juga: Komisi II DPRD Kota Samarinda Minta Direksi PDPAU yang Baru Bisa Buat Inovasi

“Dulu perusda lebih besar orientasinya ke public service tetapi sekarang dengan perumda, selain pelayanan juga profit oriented, sehingga dengan perubahan bentuk badan hukum sekaligus perubahan karakter bisnis perusahaan ini, juga bisa menghasilkan profit dari usaha yang dilaksanakan,” kata Andi Harun, Jum’at (26/11/2021).

Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim tersebut juga menjelaskan tentang beberapa peluang bisnis yang memungkinan untuk dilaksanakan oleh perusahaan yang akan berganti nama menjadi Perumda Varia Niaga ini.

“Mungkin nanti akan main di properti, bisa juga kita akan kelola di sektor pelabuhan atau perparkiran, jadi pelan-pelan pembenahannya karena direksinya baru dan sedang mapping jenis bisnis yang kira-kira kapasitasnya mampu mereka kelola,” imbuhnya.

Saat ini PDPAU sendiri telah melaksanakan beberapa unit usaha di bidang produk dan jasa seperti daging beku, rumah susun, pergudangan dan satu produk baru yang diluncurkan yaitu TelurS.

Selain Perda tentang Perumda Varia Niaga Samarinda, enam perda lainnya juga disahkan bersama DPRD kota Samarinda pada Kamis malam itu.

Satu perda usulan dari DPRD adalah tentang penyertaan modal Pemkot Samarinda di Bankaltimtara, dan 6 perda lainnya adalah usulan dari Pemkot Samarinda.

Baca juga: Direksi Baru PDPAU Dilantik, Walikota Samarinda Andi Harun Inginkan Perbaikan Manajemen Internal

Adapun salah satu tujuan Andi Harun melalui ketujuh Perda yang disahkan ini ialah agar dapat mempercepat program pembangunan di Samarinda dengan pengoptimalan pendapatan daerah.

Seperti perubahan PDPAU menjadi Perumda Varia Niaga ini harapannya agar agar perusahaan daerah tersebut mampu berkontribusi lebih banyak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Ini sekaligus menjadi tantangan kita untuk menggali potensi penerimaan daerah yang menurut saya belum optimal dalam bentuk peraturan daerah,” ucap Andi Harun. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved