Berita Pemkab Mahakam Ulu

Pemkab Siapkan Lahan untuk Mapolres Mahulu, Seluas 7 Hektare di Kecamatan Long Bagun

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh SH ME menyambut kunjungan kerja Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak MSi.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, Wabup Yohanes Avun, dan Sekda Stephanus Madang saat menyambut kunjungan kerja Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Kamis (25/11/2021). Turut hadir seluruh kepala OPD di Lingkungan Setkab Mahulu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh SH ME menyambut kunjungan kerja Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak MSi.

Kegiatan dalam rangka silaturahmi dan meninjau lokasi lahan pembangunan Mapolres Mahulu ini digelar pada Kamis (25/11/2021) kemarin.

Setibanya di dermaga Ujoh Bilang, rombongan Kapolda Kaltim didampingi Kapolres Kutai Barat AKBP Irwan Yuli Prasetyo SIK disambut oleh Bupati Bonifasius Belawan Geh didampingi Wakil Bupati Drs. Yohanes Avun MSi dan Sekretaris Daerah Dr Stephanus Madang SSos MM.

Baca juga: Memastikan Berjalan Sesuai Harapan, Bupati Mahulu Tinjau Progres Pembangunan Tiga Perkantoran

Dilanjutkan dengan prosesi adat Napoq (adat penyambut) oleh Dewan Adat Dayak Wilayah Mahulu, diiringi lantunan suara tabuhan gong dan tarian selamat datang.

Kemudian rombongan menuju mimbar utama untuk mengikuti upacara adat pemberian nama kepada Kapolda dan pemasangan lekuq (gelang manik) kepada seluruh rombongan.

Dalam sambutannya, Bupati Mahulu Bonifasius mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Kaltim dan seluruh rombongan ke Kabupaten Mahakam Ulu.

Seluruh makna ritual adat yang dilaksanakan bermakna untuk menjaga dan melindungi seluruh rombongan.

"Saya atas nama pribadi dan Pemkab Mahulu mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolda Kaltim Bapak Irjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak MSi beserta rombongan, tidak lupa saya mengucapkan selamat kepada Bapak Kapolda atas pemberian nama Dayak yakni Tingang. Melalui pemberian nama Dayak ini, maka Bapak sekarang telah masuk kedalam keluarga besar masyarakat Mahulu," ucap bupati.

Baca juga: Mahulu Percepat Pencapaian Herd Immunity, Bupati Imbau Masyarakat Segera Daftar Vaksinasi

Lebih lanjut bupati mengatakan, Pemkab Mahulu berkomitmen mendekatkan dan memudahkan pelayanan masyarakat dengan menyediakan lahan seluas 7 hektare yang berlokasi di areal kompleks perkantoran instansi vertikal di wilayah Kecamatan Long Bagun untuk pembangunan Mapolres Mahulu.

"Kami berharap dukungan Bapak Kapolda dengan pendirian mapolres ini, semoga pembangunan secepatnya dilaksanakan dan institusi dari Pemerintahan Kabupaten Mahakam UIu ini dapat berjalan secara maksimal," kata bupati.

Sementara Kapolda Irjen Pol Herry Rudolf Nahak menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Mahulu dalam pembangunan mapolres dengan menyediakan lahan.

Kapolda juga mengatakan bahwa terwujudnya pembangunan Mapolres Mahulu membutuhkan dukungan bupati dan jajaran serta masyarakat Mahulu.

"Saya juga berterima kasih karena kita sudah dalam tahap-tahap awal merencanakan pembangunan Polres Mahakam Ulu. Rencana pembangunan ini sudah disetujui oleh Pak Kapolri, beberapa waktu lalu sudah ada tim yang datang ke sini untuk melihat lokasi, kemudian nanti kita akan buat masterplannya. Pembangunan tidak bisa langsung sekaligus, tapi secara bertahap. Kita berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama, mudah-mudahan pada tahun 2022-2023 Polres Mahulu sudah ada,” beber Kapolda.

Baca juga: Bupati Resmikan Gereja Katolik Santo Stefanus, Uskup Agung Samarinda Pimpin Misa dan Pemberkatan

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bonifasius Belawan Geh juga menyematkan cenderamata lavung manik, syal, rompi dan plakat diterima Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak dan seluruh rombongan.

Turut hadir Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan SE MBA diwakili anggota Komisi II Milang Higang SM, Irwasda Polda Kaltim Kombes Pol Jefri Yanus Endolemba Torunde S.IK, Karorena Polda Kaltim Kombespol Sambas Kurniawan SIK, Karo SDM Polda Kaltim Kombespol Marjuki SIK MSi, Karolog Polda Kaltim Kombespol Parlindungan Silitonga SIK MM, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Yohanes Andy Abeh SSos MSi, Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, dan Camat Long Bagun Yason Liah SHut MP. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved