Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Proyek RDMP Serap 37 Persen Tenaga Kerja Lokal di Balikpapan

Proyek RDMP Balikpapan yang dikelola oleh PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB), terbukti mampu berkontribusi terhadap perekonomian di Provinsi Kaltim

TRIBUNKALTIM.CO/HO
Proyek RDMP Balikpapan yang dikelola oleh PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) sampai dengan 11 November 2021 telah mencapai overall progress sebesar 44,03%.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Proyek Refining Development Master Plan (RDMP) Balikpapan yang dikelola oleh PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB), terbukti mampu berkontribusi terhadap perekonomian di Provinsi Kalimantan Timur.

Hingga bulan Oktober 2021, proyek RDMP Balikpapan telah bekerjasama dengan banyak kontraktor lokal dengan persentase 43% dari seluruh kontraktor dan subkon.

Selain itu, proyek ini juga mempekerjakan tenaga kerja lokal dari Kota Balikpapan yang jumlahnya mencapai 37% dari seluruh pekerja kontraktor dan subkon.

Dalam pelaksanaannya, kerjasama dengan subkontraktor dan penyerapan tenaga kerja dilakukan melalui beberapa kontraktor yang tergabung di dalam Joint Operation (JO-RDMP).

Proyek RDMP Balikpapan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) telah memberikan kontribusi yang besar bagi daerah.

Baca juga: Tinjau Proyek RDMP Balikpapan dan Lawe-lawe, Pertamina Targetkan Rampung Tepat Waktu

Baca juga: RDMP Balikpapan JO Ucapkan Dirgahayu Ke-76 Republik Indonesia: Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh

Baca juga: Proyek RDMP Sumbang Kasus Covid-19 Terbanyak di Balikpapan, Walikota Rahmad Masud Panggil Pertamina

Penyerapan tenaga kerja dan komponen lokal yang cukup tinggi adalah bukti komitmen Pertamina dalam mewujudkan cita - cita berdikari dan pola ketergantungan.

Hal tersebut diamini oleh Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama, saat mengunjungi langsung Proyek RDMP Balikpapan beberapa waktu lalu.

“Kita sangat bersyukur karena proyek ini menyerap tenaga kerja yang banyak. Apalagi TKDN yang digunakan dalam proyek ini bisa mencapai 35 persen,” kata BTP saat memberikan pernyataan di area kilang.

Pernyataan yang sama juga disampaikan Kepala Pusat Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Nila Kumalasari.

Nila memberikan apresiasi terhadap implementasi TKDN di Proyek RDMP Balikpapan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved