Breaking News:

Ibu Kota Negara

Sambut Ibu Kota Negara di Kaltim, Daerah Samarinda Usung Pariwisata Smart Tourism

Dalam menyambut pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/CHRISTOPER D
Kapal Wisata susur Sungai Mahakam yang menjadi destinasi wisata unggulan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Samarinda sebagai penyangga Ibu Kota Negara, sediakan suguhan pariwisata yang asyik dan mengesankan. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dalam menyambut pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Maka Kota Samarinda yang lumayan dekat dengan Penajam Paser Utara, menilai sebagai salah satu daerah penyangga Ibu Kota Negara menawarkan konsep smart tourism di bidang pariwisata.

Demikian dikemukakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kota Samarinda, Sugeng Chaeruddin, pada Focus Group Discussion (FGD) tentang masterplan Smart City Kawasan IKN oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pada Jumat (26/11/2021).

Smart Tourism yang merupakan bagian dari konsep Smart City yang sedang dikembangkan di ibu kota Provinsi Kalimantan Timur ini, disebutkan dapat mendorong kemajuan lokasi destinasi wisata melalui promosi pariwisata dan peningkatan pelayanan serta manjemen pariwisata.

Baca juga: Hasil Kajian Bappenas soal Pemindahan Ibu Kota Negara Naikkan Investasi 47,7 Persen

Baca juga: Bangun Ibu Kota Negara di Penajam Kaltim, Perlu Pertimbangan Ekonomis, Sosiologi dan Ekologis

Baca juga: 6 Lokasi Pusat Persemaian akan Dibangun, Ada Nama Calon Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur

Dengan promosi dan pengelolaan tempat wisata yang lebih baik, hal itu diharap juga berimbas pada peningkatan taraf ekonomi daerah.

“Smart Tourism diartikan sebagai platform pariwisata yang terintegrasi, dengan peran teknologi untuk memneri informasi serta layanan yang mudah dan terjangkau untuk wisatawan,” ungkap Sugeng melalui laman Pemkot Samarinda, Jum’at (26/11/2021).

Kota Samarinda dengan potensi pariwisata Sungai Mahakam nya dikatakan oleh Sekda sebagai daya tarik pengembangan Smart Tourism yang terintegrasi dengan beberapa lokasi wisata lainnya.

Seperti desa Budaya Pampang, wisata belanja di Citra Niaga Samarinda, dan event-event pariwisata tahunan yang rutin diselenggarakan.

Baca juga: Perpindahan Ibu Kota Negara ke Kaltim, Pusat Riset Politik: Bisa jadi Role Model yang Lain

Platform yang tersedia saat ini dalam menunjang Smart Tourism di Samarinda ialah “Santer” atau Satu Aplikasi Terintegrasi yang salah satu fiturnya berisi informasi lengkap tentang agenda wisata di Samarinda.

"Seperti kuliner, hiburan dan video profil kota Samarinda,” lanjutnya pada kesempatan yang dilangsungkan secara virtual bersama kabupaten dan kota sekitar kawasan Ibu Kota Negara tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved