Breaking News:

Tanggal 26 November Rayakan HUT ke-59, Ini Seluk Beluk Terbentuknya Seskoal

Tepat hari ini tanggal 26 November diperingati Hari Ulang Tahun Seskoal atau Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut.

tni.mil.id
Seskoal saat memperingati HUT ke-56 pada 2018 lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Tahukah kamu, peristiwa apa yang terjadi di tanggal 26 November?

Tepat hari ini tanggal 26 November diperingati Hari Ulang Tahun Seskoal atau Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut.

Seskoal adalah Badan Pelaksana Pusat TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Laut.

Tujuan pendidikan Seskoal sendiri adalah mendidik, membekali dan memantapkan Pamen TNI/TNI Angkatan Laut yang berjiwa prajurit pejuang Sapta Marga, memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut, sehingga dapat menerima tugas-tugas komando dan staf Angkatan Tugas dan Brigade Marinir serta tugas-tugas staf umum pada tingkat Markas Besar TNI, Markas Besar TNI Angkatan Laut dan Komando Gabungan TNI.

Lantas, bagaimana asal mula lahirnya Seskoal atau Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut?

Baca juga: Peringati HUT Ke-76 TNI AL, Lanal Balikpapan Kebut Vaksinasi Covid-19

Melansir laman Seskoal, hal ini dilatarbelakangi dengan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan letak yang berada di antara Benua Asia dan Australia serta berada diantara Samudera Pasifik dan Hindia.

Dapat dikatakan bahwa Indonesia memiliki potensi unggulan yang sangat strategis ditinjau dari sudut geopolitik, geostrategi dan geoekonomi serta merupakan kawasan yang dinamis dalam percaturan politik, ekonomi, budaya dan pertahanan serta keamanan dunia.

Sehingga, Indonesia mutlak memerlukan dan memiliki sesuatu Angkatan Laut yang besar, kuat, professional dan solid, berarti Indonesia memiliki salah satu kekuatan panangkal yang diperhitungkan dan segani baik oleh lawan maupun kawan serta mampu menjadi pengawal samudera terpercaya dalam mengemban tugas menegakkan kedaulatan dan keamanan di laut.

Untuk mencetak calon-calon pemimpin Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya TNI Angkatan Laut yang berkualitas untuk mampu menghadapi tantangan ke depan, maka perlu adanya penyelenggaraan pendidikan bagi para Perwira Menengah (Pamen) TNI Angkatan Laut setingkat dengan Sekolah Staf dan Komando (Sesko).

Kemudian pada tanggal 26 Nopember 1962 berdasarkan Surat Keputusan Menteri/KSAL Laksamana TNI R. E. Martadinata tanggal 26 Nopember 1962 Nomor : 5401.52 , dibentuklah Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) dan sebagai Presiden Seskoal yang pertama ditunjuk Komodor Laut O.B. Syaaf.

Baca juga: HUT ke-76 TNI AL, Lanal Nunukan gelar Pengobatan Massal dan Bagi Sembako untuk Nelayan Mamolo

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved