Breaking News:

Amalan dan Doa

10 Manfaat Silaturrahim dalam Islam, Salah Satunya Bisa Dipanjangkan Umur oleh Allah SWT

10 manfaat silaturrahim dalam Islam, Salah satunya bisa dipanjangkan umur oleh Allah SWT.

Editor: Nur Pratama
muslimahcenter.com
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO - 10 manfaat silaturrahim dalam Islam, Salah satunya bisa dipanjangkan umur oleh Allah SWT.

Anna Rasulallahi shallallahu ‘alaihi wasallama qala: man ahabba an yubsatha lahu fi rizqihi wa yunsa-alahu fi atsarihi fal yashil rahimahu. Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa ingin dilapangkan pintu rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaklah ia menyambung tali silaturrahim. (HR Bukhari/Nomor 5527)

Ketika menjawab pertayaan, apa resep awet muda dan selalu sehat? Seorang lelaki berusia 60 tahun lebih, Fauransyah mengatakan kesempatan yang diberikan Allah digunakan untuk beribadah dan silaturrahim dengan sesama.

Jika ada kesempatan, misalnya walimah pernikahan atau syukuran keluarga, diutamakan bisa bertemu keluarga dan kawan-kawan di Banjarmasin, akunya yang kini tinggal dan menetap di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Setiap bertemu teman dan sanak keluarga, selain berjabatan tangan satu sama lain juga sering berbincang pengalaman dalam menjalani kehidupan. Canda dan tawa pun tidak terelakkan, sehingga membuat suasana jadi ramai.

Baca juga: Bacaan Doa Dipermudah Segala Urusan dan Doa Disembuhkan dari Sakit, Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Baca juga: Memohon Kepada Allah SWT Agar Rezeki tidak Putus-putus, Ini Doanya, Bahasa Arab, Latin dan Artinya

“Mungkin itu yang menjadi hiburan saya, menyambung silaturrahim apa adanya, sehingga kata orang bisa awet muda dan sehat selalu,” ujar Fauransyah dalam satu kesempatan kumpul-kumpul keluarga di Banjarmasin.

Silaturrahim atau silaturrahmi, berasal dari bahasa Arab terdiri dua kata; shilah dan ar-rahim atau ar-rahmi. Shilah atau shilat, artinya sambungan atau menyambung atau menjalin atau menghubungkan. Sedang ar-rahim atau ar-rahmi dari satu akar kata yang sama, yaitu rahima – yarhamu.

Jika ditelusuri dari akar kata; pertama, rahima – yarhamu – ruhman – wa ruhuman – wa rahmatan – wa rahamatan– marhamatan, artinya kasih sayang. Kedua, rahima – yarhamu – rahman – wa rahaman – wa rahamatan, mempunyai arti rasa sakit pada rahim wanita setelah melahirkan.

Kalimat silaturrahim atau silaturrahmi ini, sangat populer dan masuk dalam bahasa Indonesia, tanpa perlu diterjemahkan lagi. Ini seperti istilah-istilah Islam lainnya, misal salat, zakat, haji, amar ma’ruf nahi munkar dan lain-lain.

Abu Hurairah meriwayatkan hadis qudsi, bahwa Rasullullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah telah menciptakan makhluk sehingga apabila selesai sebagian mereka, maka tampillah Rahim dan berkata: “Ini adalah tempat orang yang berlindung dari terputusnya hubungan kekeluargaan”

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved