Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Ekonomi Kubar Naik di Kuartal Ketiga, Wabup Edyanto Arkan: Pertumbuhan Cukup Baik, Tiga Persen Lebih

Prospek dan review ekonomi Kutai Barat (Kubar) selama 2020 lalu dengan segala dinamikanya, memang sempat terjadi penurunan harga komiditi dan tidak be

Editor: Rahmad Taufiq
HO/HUMAS PEMKAB KUBAR
Pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kaltim Tahun 2021, dengan tema "Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi" di Ruang Maratua Lantai IV, Kantor BI Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Rabu (24/11). Acara ini juga dihadiri Wagub Kaltim Hadi Mulyadi dan Bupati Kubar Edyanto Arkan. HO/HUMAS PEMKAB KUBAR 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Prospek dan review ekonomi Kutai Barat (Kubar) selama 2020 lalu dengan segala dinamikanya, memang sempat terjadi penurunan harga komiditi dan tidak berkembang cepat saat pandemi Covid-19.

Wabup Kubar Edyanto Arkan mengatakan setelah pandemi menurun, ekonomi bergerak naik pada kuartal ketiga dan Kubar menunjukkan pertumbuhan ekonominya yang cukup baik, sekitar 3 persen lebih.

Sehingga pada 2021 memberikan prospek yang baik bagi Kubar.

“Yaitu, dimana hingga sekarang sudah berjalan sekitar 20 bulan itu, sangat berpanguruh terhadap harga komoditi. Seperti harga karet masih stabil sekitar Rp 8.000 sampai Rp 10.000 per kilogramnya,” kata Wabup.

Wabup menyampaikan ini seusai pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kaltim Tahun 2021, dengan tema "Bangkit dan Optimis: Sinergi dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi" di Ruang Maratua Lantai IV, Kantor BI Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Rabu (24/11).

Baca juga: HUT ke 76 PGRI di Kutai Barat, Pemkab Kubar akan Programkan Kesejahteraan Guru

Baca juga: Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak ke Kubar, Pantau Warga yang Belum Vaksin Covid-19

Inilah yang sangat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan mengakibatkan harga cukup stabil sehingga prospek 2022, nampaknya masih memberikan harapan kepada masyarakat Kubar ke depannya.

Sementara, indikator terkait dengan kelapa sawit dengan jumlah perusahaan yang cukup banyak dan pabrik kelapa sawit di wilayah Kubar.

Hal itu juga memberikan lapangan kerja yang baik bagi masyarakat Kubar dan kegiatan ekonomi masyarakat pun akan terdorong dengan kegiatan kelapa sawit tersebut.

Begitu juga membaiknya harga batu bara dan beberapa perusahaan pertambangan di wilayah Kubar, memberikan pengaruh besar dalam pertumbuhan ekonomi Kubar dengan perbaikan komoditi batu bara, serta memberikan sumbangan kepada masyarakat.

“Dalam arahan Presiden Joko Widodo bahwa kita mulai memikirkan bagaimana komoditi tadinya yang biasa keluar ekspor dalam bentuk bahan baku dan bisa diolah menjadi barang setengah jadi di dalam negeri, termasuk di Indonesia, khususnya di Kubar.

Inilah yang memberikan prospek kita ke depan dalam pengolahan sumber daya alam di Indonesia dan diharapkan akan memberikan efek yang besar dalam pertumbuhan ekonomi di tingkat-tingkat daerah perbatasan,” ucapnya. (kp6/adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved