Berita Balikpapan Terkini

KABAR BAIK, Umrah akan Dibuka Awal Desember 2021, Calon Jemaah Kaltim Wajib Ikut Vaksin Booster

Pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan penerbangan dari Indonesia secara langsung tanpa transit di negara ketiga untuk karantina selama 14 hari.

Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Ilustrasi suasana pelaksanaan umrah di Tanah Suci Mekkah sebelum pandemi Covid-19. Rencananya umrah bakal dibuka mulai 1 Desember 2021. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan penerbangan dari Indonesia secara langsung tanpa transit di negara ketiga untuk karantina selama 14 hari.

Kebijakan tersebut akan diberlakukan secara efektif oleh Pemerintah Arab Saudi pada Rabu, 1 Desember 2021 mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan Johan Marpaung mengatakan, dirinya hingga saat masih menunggu kepastian, yakni dari Kementerian Agama RI terkait aturan yang akan diberlakukan bagi calon jamaah umrah yang akan diberangkatkan.

"Untuk sinyalnya sudah ada. Insya Allah itu pasti. Tapi untuk saat ini kami belum mendapatkan keterangan resmi dari pusat," ujarnya, Senin (29/11/2021).

Sementara itu, terkait perbedaan biaya yang akan dibebankan kepada calon jamaah umrah, ia mengemukakan hal itu ditentukan oleh travel yang bertanggung jawab.

Baca juga: Soal Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, Pemerintah Terus Berupaya Penuhi Harapan Masyarakat

Baca juga: Buat Jera Penyelenggara Umrah Nakal, Pemerintah Siapkan Aturan Sanksi

“Kalau kondisinya nanti misalnya ada karantina itu ada tambahan akan ditanggung oleh jemaah umrah yang bersangkutan,” tuturnya.

Diketahui, Pemerintah Arab Saudi memberikan kembali kesempatan kepada calon jamaah umrah asal Indonesia untuk melaksanakan ibadah di tanah suci.

Setiap calon jemaah umrah bakal diwajibkan vaksinasi booster sebagai syarat keberangkatan.

Meskipun calon jemaah haji yang bersangkutan telah mendapatkan vaksin hingga dosis kedua untuk jenis Sinovac dan Sinopharm.

"Menteri Agama Yaqut Cholil saat ini sedang berada di Arab Saudi untuk mempersiapkan pelaksanaan haji dan umrah. Mudah-mudahan nanti pulangnya membawa kabar baik," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved