Breaking News:

Otomotif

Penggunaan HP di SPBU Dilarang, Mengapa Transaksi Cashless Malah Diperbolehkan? Inilah Penjelasannya

Gambar larangan menggunakan ponsel tentu sudah tidak asing bagi Anda yang sering mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina.

Editor: Diah Anggraeni
kompas.com/Dok. Pertamina
Ilustrasi. Meski ada larangan menggunakan ponsel di SPBU, namun Pertamina terus menggencarkan metode pembayaran nontunai atau cashless. Mengapa? 

TRIBUNKALTIM.CO - Gambar larangan menggunakan ponsel tentu sudah tidak asing bagi Anda yang sering mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina.

Meski ada larangan menggunakan ponsel di SPBU, namun Pertamina terus menggencarkan metode pembayaran nontunai atau cashless.

Metode pembayaran itu digencarkan untuk memudahkan konsumen yang ingin membeli BBM.

Artinya, konsumen harus menggunakan ponsel jika ingin transaksi menggunakan metode cashless, seperti aplikasi MyPertamina.

Baca juga: Mitos atau Fakta, SPBU yang Ramai Punya Kualitas Bahan Bakar Bagus? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Nah ,kok jadi bertentangan dengan larangan saat berada di SPBU yang dibuat Pertamina sendiri?

Apa alasan Pertamina tidak memperbolehkan menggunakan ponsel di SPBU, tetapi malah memperbolehkan untuk transaksi cashless?

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga (Subholding Commercial & Trading), Irto Ginting mengatakan, penggunaan ponsel saat mengisi BBM memang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran.

"Larangan menggunakan ponsel dan kamera di SPBU sifatnya untuk menghindari penggunaan yang tidak bertanggungjawab dan dapat menimbulkan percikan api," ujar Irto kepada GridOto.com, Minggu (28/11/2021).

Irto melanjutkan, untuk transaksi nontunai menggunakan ponsel sebenarnya sudah dilakukan dalam jarak aman yakni sejauh 1,5 meter dari dispenser.

"Para operator SPBU, sudah dilatih menggunakan cara aman bertransaksi menggunakan MyPertamina di area SPBU, jadi bisa dipastikan tetap aman," ungkap Irto.

Baca juga: Berapa Sisa Bensin di Tangki saat Indikator pada Speedometer Berkedip? Ternyata Segini Loh

Untuk itu, jangan khawatir transaksi menggunakan nontunai di area SPBU asal mematuhi batas-batasannya seperti pastikan jarak aman.

Kemudian, bagi pengguna motor dan mobil dapat melakukan transaksi dengan meminta QR code pembayaran dari operator SPBU Pertamina, lalu tunggu bukti pembayaran muncul dan status pembayaran dinyatakan berhasil.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Ada Larangan Pakai Ponsel, tapi Pertamina Juga Dorong Metode Cashless untuk Bayar BBM Pakai Ponsel di SPBU, Ini Penjelasannya, https://www.gridoto.com/read/223017286/ada-larangan-pakai-ponsel-tapi-pertamina-juga-dorong-metode-cashless-untuk-bayar-bbm-pakai-ponsel-di-spbu-ini-penjelasannya?page=all.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved