Hari Disabilitas Internasional

Hari Disabilitas Internasional 2021, Kenapa Diperingati Setiap 3 Desember? Sejarah HDI dan Temanya

Hari Disabilitas Internasional atau disingkat HDI diperingati setiap tanggal 3 Desember. Mengapa 3 Desember ditetapkan sebagai HDI? Sejarah dan tema

Kemensos
Logo peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021. Hari Disabilitas Internasional atau disingkat HDI diperingati setiap tanggal 3 Desember. Mengapa 3 Desember ditetapkan sebagai HDI? Simak sejarah dan tema Hari Disabilitas Internasional. 

TRIBUNKALTIM.CO - Setiap tahunnya, Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Mengapa tanggal 3 Desember ditetapkan sebagai Hari Disabilitas Internasional?

Simak sejarah dan tema perayaan Hari Disabilitas Internasional yang diperingati setiap tanggal 3 Desember.

Apakah disabilitas? 

Penyandang disabilitas adalah orang yang terbatas fisik, mental, intelektual, bahkan sensoriknya dalam jangka waktu lama sehingga banyak hambatan yang ditemui dan menyulitkan mereka dalam berpartisipasi penuh dan efektif dalam masyarakat.

Tujuan peringatan Hari Disabilitas Internasional adalah untuk menjawab tantangan serta masalah yang dihadapi para penyandang disabilitas.

Baca juga: Kedubes Inggris Luncurkan Program ESSENCE, Penyadang Disabilitas Kini Bisa Akses Ekonomi Digital

Baca juga: Dispora Kutai Kartanegara Akan Fasilitasi Pemuda Disabilitas Kembangkan Usaha Sesuai Kemampuannya

Selain itu, lewat Hari Disabilitas Internasional diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabiitas dan memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

Sejarah Hari Disabilitas Internasional

Hari Disabilitas Internasional ( HDI ) atau International Day of Disabled Persons pada tanggal 3 Desember telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1992.

Melansir india.com, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa awalnya mengumumkan tahun 1981 sebagai Tahun Penyandang Disabilitas Internasional.

Hal ini dilakukan untuk menginisiasi program-program di tingkat regional, nasional, dan internasional untuk memberikan kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas yang dapat dinikmati oleh mereka yang tidak memiliki masalah kesehatan.

Juga, ini bertujuan untuk memberikan rehabilitasi yang layak bagi penyandang disabilitas dan mencoba mencegah timbulnya disabilitas di masa depan.

Baca juga: Pangdam VI Mayjen TNI Heri Wiranto Serahkan Paket Sembako dan Kursi Roda buat Penyandang Disabilitas

Tema Tahun Internasional Penyandang Disabilitas 1981 adalah “Partisipasi Penuh dan Kesetaraan”.

Kemudian, Majelis Umum mengumumkan durasi antara 1983 hingga 1992 sebagai Dekade Penyandang Disabilitas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved