Breaking News:

Otomotif

Lama-kelamaan Jadi Kusam atau Menguning, Inilah Trik agar Mika Lampu Motor Tetap Kinclong

Mika lampu motor lama-kelamaan akan menjadi kusam atau menguning. Ada trik atau cara untuk mencegah agar hal itu tidak terjadi pada mika lampu motor.

Editor: Diah Anggraeni
GridOto.com/Otomotifnet.com
Lakukan perawatan agar mika lampu enggak mudah kusam. 

TRIBUNKALTIM.CO - Mika lampu motor lama-kelamaan akan menjadi kusam atau menguning.

Ada trik atau cara untuk mencegah agar hal itu tidak terjadi pada mika lampu motor.

Kalau kondisi mika lampu motor kalian masih mulus dan kinclong, bisa juga terapkan panduan di bawah ini supaya tahan lama.

Baca juga: Benarkah Ukuran Ban Depan Motor Trail Lebih Besar dari pada Ban Belakang? Ini Penjelasannya

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah usahakan pilih lokasi parkir motor yang memiliki atap agar komponen motor lebih terlindungi dari paparan cuaca panas atau hujan secara langsung.

"Sebab dalam kondisi motor terjemur dan terkena sinar matahari langsung, mika lampu bakal rentan kusam bahkan getas atau mengalami keretakan," jelas Stefanus Yoga dari Detailworks Motospa, Bintaro, Tangerang Selatan.

Kalaupun terpaksa, usahakan agar jangan terlalu sering parkir motor di tempat terbuka apalagi dalam waktu lama secara rutin.

Karena efek parkir motor di tempat terbuka, paparan panas dan turunnya hujan turut mempercepat proses kerusakan pada mika lampu.

"Setelah hujan, bakal timbul water spot yang berasal dari butiran air hujan yang mengering dan menjadi bercak jamur penyebab mika lampu kusam," lengkapnya.

Baca juga: Jangan Sampai Salah Pakai, Ini Arti Warna Per CVT untuk Motor Matic

Untuk mencegah terjadinya water spot, segera bilas atau cuci motor pakai air bersih dan keringkan supaya tidak ada air tersisa di mika lampu.

Terakhir, kalian bisa gunakan cairan wax, sealent atau coating sebagai perlindungan tambahan bagi mika lampu motor.

Tujuannya supaya mika lampu motor lebih terlindungi dari kondisi cuaca panas dan hujan yang silih berganti seperti saat ini.

Baca juga: Jangan Sampai Luput dari Perhatian, Inilah Pentingnya Peran Saringan Udara Motor

Nah, itu tadi cara mencegah mika headlamp motor agar tidak mudah kusam.

Meskipun caranya terbilang sepele, nyatanya masih banyak bikers yang mengabaikan hal ini sehingga mika lampu motornya banyak yang kusam saat motor mulai berumur.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Trik Cegah Mika Lampu Motor Kusam dan Menguning, Begini Caranya, https://www.gridoto.com/read/223019999/trik-cegah-mika-lampu-motor-kusam-dan-menguning-begini-caranya?page=all.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved