Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Rencana Realisasi Pasar Modern, Pemkot Samarinda Matangkan Desain dan Konsep Bangunan

Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berencana merealisasikan pembangunan Pasar Modern di Kota Samarinda,

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Budi Susilo
HO/PEMKOT SAMARINDA
Walikota Samarinda, Andi Harun, menerima konsultasi dan pematangan konsep pasar modern Samarinda oleh dinas Perdagangan Kota samarinda, Jumat (3/12/2021).  

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berencana merealisasikan pembangunan Pasar Modern di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2022.

Desain dan konsep bangunan pasar yang akan dibuat di kawasan jalan Suryanata kelurahan Bukit Pinang itu sendiri sedang dimatangkan oleh pemkot melalui Dinas Perdagangan.

Wali kota Samarinda, Andi Harun pun mengaku telah menerima konsep awal yang diusungkan mengenai Pasar Modern tersebut.

Pasar Modern yang dicanangkan sendiri adalah pasar tradisional dengan konsep modern yang ditunjukkan dengan perilaku belanja yang menggunakan sistem digital, hingga adanya beberapa utilitas penunjang seperti sarana disabilitas hingga perilaku transaksi di dalamnya.

Baca juga: Pemkot Samarinda Targetkan PAD Tahun 2022 Rp 534 Miliar, DPRD Minta Optimalkan OPD Pemungut Pajak

Baca juga: Wacana Bangun Pasar Modern, Komisi III DPRD Sarankan Pemkot Samarinda Lirik Kembali Pasar Segiri 2

Baca juga: PT Puspita Jelaskan Lahan Aset Pemkot Samarinda yang Bersengketa Tidak Masuk Wilayah Perumahan

Ditemui di balai kota Samarinda, Andi Harun mengungkapkan bahwa kehadiran Pasar Modern di Samarinda ini diharapkan dapat mengubah perilaku pedagang dan pembeli pasar tradisional yang dikenal becek dan kotor, menjadi pasar yang lebih representatif dan nyaman.

"Kita tidak bisa mengubah perilaku pedagang dengan waktu cepat, jadi desain yang kita buat harus ikut berperan dalam mengubah perilaku pedagang," kata Walikota Andi Harun, Jumat (3/12/2021).

AH juga mengemukakan bahwa dalam proses perencanaan pasar modern ini pemkot telah melakukan studi tiru dan analisa terkait dengan perilaku pedagang.

"Kita sudah studi tiru dengan pasar modern di BSD Tangerang, dan juga kebiasaan pedagang di sini, jadi kita sedang matangkan desain nya dalam perencanaan," imbuhnya.

Baca juga: Pemkot Samarinda Indikasikan Penipuan Pembebasan Lahan di Perumahan Puspita Bengkuring

Lokasi pembangunan Pasar Modern nantinya direncanakan berada di jalan Suryanata menggunakan lahan milik pemkot Samarinda seluas 3,9 hektare.

Besar dan luas bangunan sendiri masih menunggu kepastian anggaran dan penyusunan desain yang dilakukan oleh dinas perdagangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved