Breaking News:

Sekretaris Dinsos PPU Sayangkan Masih Kurang Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas

Pelayanan administrasi dan pelayanan publik sangat penting diwujudkan bagi masyarakat, terutama yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas

Penulis: Dian Mulia Sari | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Sekretaris Dinas Sosial PPU, Evi Viola.TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO,PENAJAM- Setiap tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas.

Pelayanan administrasi dan pelayanan publik sangat penting diwujudkan bagi masyarakat, terutama yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.

Sebab penyandang disabilitas juga mempunyai hak yang sama sepeeti masyarakat pada umumnya.

Hal itu juga tertuang dalam undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

Dalam UU 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas menyebutkan bahwa Penyandang Disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan, dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.

Baca juga: Kutipan Inspiratif Stephen Hawking untuk Para Penyandang Disabilitas, Translate Inggris-Indonesia

Baca juga: 30 Link Twibbon Hari Disabilitas Internasional 3 Desember 2021, Ramaikan di WhatsApp, FB, dan IG!

Baca juga: Logo dan Tema serta Twibbon Hari Disabilitas Internasional 3 Desember 2021, Lengkap Cara Membuatnya

Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Evi Violacmenuturkan bahwa keberadaan faisilitas umum sangat diperlukan bagi penyandang disabilitas dan menjadi perhatian lebih.

Meski demikian, dirinya menyayangkah kurangnya fasilitas umum untuk penyandang disabilitas di Kabupaten yang telah ditetapkan sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN) yang baru ini.

"Kalau terkait dengan kebutuhan untuk disabilitas, mereka lebih menbutuhkan salah satunya adalah fasilitas publik, seperti jalan buat mereka, mereka butuh juga," kata Evi, Jumat (3/12/2021).

"Yang saya kihat di Kabupaten PPU cuman dua. Di Disdukcapil kemudian di kantor Bupati, itu ada khusus untuk penyandang disabilitas. Sementara pelayanan yang lain belum ada," tambahnya.

Evi berharap kedepan ada lebih banyak lagi pelayanan umum bagi penyandang disabilitas di Kabupaten PPU, salah satunya di tempat rekreasi seperti di Taman Bupati.

Baca juga: Hari Disabilitas Internasional 2021, Kenapa Diperingati Setiap 3 Desember? Sejarah HDI dan Temanya

"Mudah-mudahan ada keterpihakan terkait APBD kita untuk teman-teman disabiltas baik itu fasilitas publik untuk disabilitas maupun pelayanan umum untuk disabilitas termasuk Pemberdayaannya. Jangan sampai mereka jadi beban kita, jadi ketika mereka kita berdayakan mereka bisa usaha untuk dirinya sendiri kenapa tidak," pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved