Berita Pemkab Mahulu

Diskominfostandi Gelar Sosialisasi Kompilasi Data Statistik Sektoral

Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) menggelar Sosialisasi Kom

Editor: Rahmad Taufiq
HO/HUMAS PEMKAB MAHULU
Pemkab Mahakam Ulu melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) menggelar Sosialisasi Kompilasi Data Statistik Sektoral di ruang Pertemuan Gedung SMAN 1 Long Bagun, Rabu (1/12/2021). HO/HUMAS PEMKAB MAHULU 

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG - Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) menggelar Sosialisasi Kompilasi Data Statistik Sektoral di ruang Pertemuan Gedung SMAN 1 Long Bagun, Rabu (1/12/2021).

Menurut Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang, S.Sos., MM melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan E. Tek Hen Yohanes, S.Pd, kegiatan sosialisasi ini merupakan awal untuk menyatukan prinsip statistik supaya menghasilkan data yang akurat.

Hal ini dalam rangka mewujudkan misi Kabupaten Mahulu, yaitu menciptakan tata pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparan, dan akuntabel.

"Tentunya kita berharap melalui sosialisasi ini, sebagai Operator Data masing-masing OPD yang mana dalam hal ini sebagai Produsen Data dan wali data pendukung diharapkan dapat memahami dan bisa mengimplementasikan pengumpulan dan pengelolaan data yang baik sesuai DATA ASET yang telah disepakati," ungkapnya.

Asisten menambahkan, hal ini dilakukan agar Kabupaten Mahulu juga siap dalam menuju program Satu Data Indonesia (SDI).

Baca juga: Wabup Mahakam Ulu Bahas Rencana Pengembangan Katolik Center di Mahulu

Baca juga: Percepat Bangun Bandara Ujoh Bilang, Pemkab Mahulu-BPN Kubar Serah Terima Sertifikat Tanah Hak Pakai

"Sehingga dalam mempersiapkan hal tersebut, maka memerlukan peran serta semua pengelola data di tingkat OPD, Badan, UPTD dan Kecamatan sehingga tercipta acuan untuk data pembangunan Kabupaten Mahulu, yang akan menjadi pedoman dalam pengambilan kebijaksanaan untuk peningkatan pembangunan pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat," paparnya.

Dalam laporan yangs disampaikan oleh Kabid Statistik dan Persandian Rosilawati Arham Jonathan, SE.,M.Si, maksud dan tujuan dari sosialisasi ini untuk mengenalkan sistem pengelolaan data sektoral di masing-masing OPD di Lingkungan Pemkab Mahulu.

"Yang data tersebut dihimpun dalam sebuah data jadi yang nantinya dapat digunakan sebagai gambaran perkembangan pembangunan daerah khususnya Kabupaten Mahulu, yang nantinya data tersebut dapat digunakan dalam rangka mendukung program Satu Data Indonesia," ucapnya.

Dia juga menyampaikan para peserta yang mengikuti adalah para operator data yang bertugas dan berkompeten dalam program ini dari masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Mahulu.

"Kita sangat berharap setelah sosialisasi ini nanti para operator data di masing-masing OPD dapat mengetahui tanggungjawab dan cara mengelola data statistik menjadi data yang akurat, dapat dibagi dan dipertanggungjawabkan kepada pihak yang memerlukan data tersebut, baik yang dilakukan melalui kompilasi data maupun cara lain sesuai dengan perkembangan IT, dan telah dilakukan analisa oleh perangkat daerah sesuai kebutuhan yang telah terakreditasi dengan baik," tuturnya. (Prokopim/Aim/td/adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved