Breaking News:

Berita Paser Terkini

KM Sabuk Nusantara 111 Siap Beroperasi, Kapasitas 400 Orang, Harga Tiket Sangat Ekonomis

Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tana Paser bersama Kantor KSOP III Kota Baru-Batu Licin menggelar sosialisasi pengoperasian kapal

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Sekretaris Daerah (Sekda) Paser Katsul Wijaya bersama Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Captain Rahman saat ditemui usai kegiatan sosialisasi pengoperasian kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111, Selasa (7/12/2021). TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tana Paser bersama Kantor KSOP III Kota Baru-Batu Licin menggelar sosialisasi pengoperasian kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111.

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Paser, Katsul Wijaya mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, yang berlangsung di Hotel Bumi Paser, Selasa (7/12/2021).

Sekda Paser menyampaikan, kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111 merupakan program dari Pemerintah Pusat, yang tidak hanya dapat mengangkut penumpang, namun juga barang.

"Dengan rute hingga Mamuju diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya, namun rute singgahnya tidak langsung mengarah ke Mamaju mesti berputar lagi. Kami berkeinginan agar ada perubahan rute agar antusias masyarakat lebih meningkat," jelasnya.

Di sisi lain, keberadaan kapal perintis tersebut juga sangat menguntungkan bagi daerah, baik dari segi ekonomi maupun sosial.

Baca juga: Aturan PCR dan Vaksin Terbaru Bagi Penumpang Kapal, Cek Syarat Naik Kapal Laut Pelni Desember 2021

Baca juga: INILAH Syarat Naik Kapal Pelni Desember 2021, Aturan Vaksin dan PCR Terbaru Bagi Penumpang Kapal

Namun, lanjut Katsul Wijaya, konektivitas antara darat dan laut mesti diperbaiki. Karena angkutan kota dari Tanah Grogot ke Pondong saat ini mati suri.

"Jalur darat angkutan kota ke arah sana sudah lama tak beroperasi, karena minimnya penumpang. Ini yang mesti kita tata kembali ke depannya," ujar Sekda.

Sementara itu, Kepala KUPP Kelas II Tana Paser Captain Rahman menjelaskan, pihaknya bakal menggelar rapat kembali mengenai jadwal tiba dan keberangkatan kapal di Pelabuhan Pondong.

Dikemukakan, KM Sabuk Nusantara 111  merupakan satu-satunya kapal angkutan penumpang yang singgah di Pelabuhan Pondong.

"Ini satu-satunya kapal penumpang, Biasanya sembilan hari sekali tiba di sini (Pelabuhan Pondong)," jelas Rahman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved