Natal dan Tahun Baru

Jaga Kamtibmas Jelang Natal dan Tahun Baru, Polda Kaltim dan Stakeholder Rakor di Samarinda

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2022, Polda Kaltim mengadakan Rakor Lintas Sektoral bersama instansi terkait, Kamis (9/12/2021) di Hotel Bumi Senyiur

Penulis: Rita Lavenia | Editor: Mathias Masan Ola
HO/Humas Polresta Samarinda
Antisipasi lonjakan Covid-19, kelangkaan bahan pokok, BBM hingga bencana alam, seluruh stakeholder terkait di Kalimantan Timur gelar Rakor Lintas Sektoral.  HO/Humas Polresta Samarinda 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2022, Polda Kaltim mengadakan Rakor Lintas Sektoral bersama instansi terkait, Kamis (9/12/2021) di Hotel Bumi Senyiur Samarinda.

Rapat ini dipimpin Kapolda Kaltim, Irjen Pol Herry Rudolf Nahak dihadiri Gubernur Kaltim yang diwakili oleh Sekprov Muhammad Sabani, Pangdam VI/Mulawarman diwakili Danrem 091 Aji Surya Natakesuma Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro dan Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman beserta jajajarannya.

Irjen Pol Herry Rudolf Nahak mengatakan tujuan rapat bersama dengan seluruh stakeholder ini untuk membahas antisipasi lonjakan Covid-19, menghadapi Natal dan Tahun Baru serta percepatan vaksinasi di Bumi Etam.

Untuk mencapai itu perlu melibatkan seluruh pihak terkait. "Mulai dari TNI, Binda, Pemerintah Kabupaten/Kota dan seluruh pihak terkait lainnya," ucapnya.

Tak hanya itu saja, Kapolda Kaltim juga menyebutkan mereka mengantisipasi kelangkaan bahan pokok, kelangkaan BBM, pasokan listrik. "Termasuk kewaspadaan akan bencana alam. Karena melihat tingginya curah hujan di Kaltim," ulasnya.

Baca juga: Soal Pengamanan Saat Natal dan Tahun Baru, Polda Kaltim Masih Tunggu Regulasi dari Pusat

Baca juga: Dongkrak Fungsi Humas, Bidhumas Polda Kaltim Gelar Rakernis 2021

Baca juga: Libatkan Tokoh Agama Berantas Pandemi, Polda Kaltim di Balikpapan Undang 65 Pemuka Masyarakat

Disinggung masalah PPKM yang kemungkinan berlaku, pihaknya menjelaskan nantinya ada instruksi dari Kementerian Dalam Negeri RI. Sebab pemerintah pusat sempat mengeluarkan edaran seluruh daerah masuk dalam PPKM Level 3, tetapi dicabut.

"Jadi yang diberlakukan sekarang sesuai dengan level masing-masing, seperti Samarinda Level 2, ya itu yang diberlakukan ketentuannya," terangnya.

Namun Ia melanjutkan, kemungkinan nanti akan ada instruksi baru yang dikeluarkan pada 23 Desember mendatang, menjelang Nataru.

"Karena pemerintah tentunya akan melakukan asesment terhadap situasi jadi menunggu instruksi pusat. Yang jelas saat ini sesuai levelnya masing-masing," tuturnya.

Irjen Pol Herry Rudolf Nahak mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru 2022, Polres Berau Gelar Bakti Sosial

Juga bagi yang belum vaksin, Ia mengimbau untuk segera datang ke gerai-gerai vaksin yang ada. "Serta mari bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing," tegasnya .

Pada kesempatan tersebut Gubernur Kaltim yang diwakili oleh Sekprov Kaltim Muhammad Sabani menyampaikan bahwa menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru akan terjadi lonjakan mobilitas.

Sehingga pihaknya minta TNI dan Polri untuk bekerjasama terus melakukan pemantauan mobilisasi masyarakat. "Apalagi saat ini pusat telah membantalkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia" pesannya.

"Dan untuk TNI/Polri yang akan melaksanakan pengamanan pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, mewakili Pemerintah Provinsi, kami sangat berterimakasih," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved