Breaking News:

Otomotif

Benarkah Mematikan AC Bisa Bikin Mobil Lebih Kuat saat Menanjak? Berikut Penjelasannya

Mengemudi mobil di jalan tanjakan tentunya lebih sulit, apalagi jika mobil yang dikendarai bertransmisi manual atau pengendara pemula.

Editor: Diah Anggraeni
kompas.com/Honda Prospect Motor
Beredar anggapan, saat hendak melewati tanjakan yang cukup tinggi, segera matikan AC supaya mobil kuat menanjak. Lantas, apakah anggapan itu benar adanya? 

TRIBUNKALTIM.CO - Mengemudi mobil di jalan tanjakan tentunya lebih sulit, apalagi jika mobil yang dikendarai bertransmisi manual atau pengendara pemula.

Oleh karena itu, ada beberapa cara tepat mengemudi mobil di tanjakan agar tidak membahayakan si pengemudi dan pengendara lain.

Beredar anggapan, saat hendak melewati tanjakan yang cukup tinggi, segera matikan air conditioner (AC) supaya mobil kuat menanjak.

Lantas, apakah anggapan itu benar adanya?

Baca juga: Sebaiknya Menghidupkan atau Mematikan AC Mobil Saat Mobil Berhenti atau Kecepatan Rendah, Alasannya

Service Advisor Honda Permata Hijau, Jakarta Selatan, Syaifur Rohman pun membenarkan jika mematikan AC saat menanjak berpengaruh terhadap performa mobil.

"Karena kompresor AC kan ambil tenaga dari putaran poros crankshaft yang dihubungkan lewat v-belt," kata Syaifur kepada GridOto.com, Kamis (9/12/2021).

"Jadi jika AC tidak diaktifkan berkuranglah satu beban pada mesin mobil, yang membuat kerjanya lebih enteng," sambungnya.

Namun, ia menilai bahwa pengaruh AC terhadap performa mobil saat menanjak, juga dapat dipengaruhi oleh faktor lainnya.

"Bisa tergantung dari kapasitas mesin dan muatan. Memang kalau mobil di bawah 1.500 cc tenaga akan lebih keluar saat AC dimatikan," terang Syaifur.

Baca juga: Siapa Pemilik Mobil Pertama di Indonesia? Inilah Sejarah Masuknya Mobil di Indonesia sejak 1894

Berdasarkan pengalaman pribadinya, temperatur mesin mobil yang ia pakai sempat naik akibat menanjak dengan kondisi AC menyala.

"Pernah lewat jalan menanjak di daerah Pemalang arah Banjarnegara pakai mobil 1.500 cc, temperatur mesin naik, akhirnya saya matikan AC," tuturnya.

"Kondisi kendaraan waktu itu penuh ada tujuh penumpang dengan barang di bagasi," pungkas Syaifur.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Mitos atau Fakta, Mematikan AC Bisa Bikin Mobil Lebih Kuat Saat Menanjak?, https://www.gridoto.com/read/223036075/mitos-atau-fakta-mematikan-ac-bisa-bikin-mobil-lebih-kuat-saat-menanjak?page=all.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved