Berita Kubar Terkini

Anggota Polsek Muara Lawa Gelar Patroli Pengamanan Gereja, Jamin Keamanan Ibadah Minggu

Personel kepolisian di wilayah Polres Kutai Barat terus menggencarkan kegiatan patroli pengamanan di beberapa tempat ibadah.

Editor: Rahmad Taufiq
HO/POLSEK MUARA LAWA
Personel Polsek Muara Lawa melakukan patroli pengamanan gereja saat ibadah Minggu di Gereja Katholik Paroki Santo Paulus Lombing di Kecamatan Muara Lawa, Kabupaten Kutai Barat. HO/POLSEK MUARA LAWA 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Personel kepolisian di wilayah Polres Kutai Barat terus menggencarkan kegiatan patroli pengamanan di beberapa tempat ibadah.

Hal ini dilakukan selain bertujuan menciptakan situasi wilayah Kamtibmas, juga bertujuan untuk memberikan rasa tenang dan aman bagi warga masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan Ibadah, seperti yang terlihat pada Minggu (12/12/2021) di Kecamatan Muara Lawa, Kabupaten Kutai Barat.

Di sana jajaran Polsek Muara Lawa terlihat saling berbagi tugas melakukan patroli pengamanan di beberapa gereja yang ada, salah satunya di Gereja Katholik Paroki Santo Paulus Lombing.

Kapolsek Muara Lawa, Iptu Hartono mengatakan, kegiatan patroli pengamanan serupa rutin dilakukan dan tidak di lokasi tempat-tempat Ibadah saja, tetapi juga di lokasi-lokasi yang terbilang rawan gangguan Kamtibmas.

"Tujuan dari patroli Kamtibmas dan pengamanan ibadah gereja, yaitu guna menciptakan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani yang sedang melaksanakan Ibadahnya," ujar Iptu Hartono.

Baca juga: Akan Gelar Agenda Natal Antar Gereja di Labanan Makmur Berau

Baca juga: Jelang Perayaan Natal 2021, Bupati Kutim Minta Gereja Bentuk Satgas Covid-19

Selain patroli pengamanan selama jalannya kegiatan Ibadah, pihaknya juga memberikan edukasi dan imbauan kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan Covid-19

“Di samping memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani yang sedang menjalankan ibadah, umat Kristiani juga dapat melaksanakan ibadah di hari minggu dengan khidmat dan suka cita, serta memastikan para jemaat tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak.

Selain itu, ketika akan melaksanakan ibadahnya harus cuci tangan terlebih dahulu," ucapnya. 

Sekadar diketahui, Kabupaten Kutai Barat merupakan salah satu kabupaten yang di Provinsi Kalimantan Timur yang  terdapat banyak gereja, bahkan hampir setiap kampung/desa di Kutai Barat memiliki gereja. 

Sehingga setiap memasuki perayaan Natal maupun hari-hari besar keagamaan, aparat gabungan di Kutai Barat selalu rutin melakukan patroli  pengamanan.

Baca juga: Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Gelombang 3 di Malinau saat Libur Natal, Satgas Gereja akan DIbentuk

Bahkan sebelum digunakan untuk kegiatan ibadah Natal, terlebih dahulu petugas melakukan sterelisasi seluruh lingkungan dan bangunan gereja guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved