Virus Corona di Nunukan

Tiga Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia Positif Covid-19, Kini Diisolasi di Rusunawa Nunukan

Setelah lima hari Nunukan nihil kasus Covid-19, hari ini bertambah 3 pasien, Minggu (12/12/2021). Ketiga pasien tersebut merupakan Pekerja Migran Ind

Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTARA.COM/FEBRIANUS FELIS
BP2MI Nunukan memberikan wejangan kepada Ratusan PMI di Rusunawa Nunukan, Sabtu (11/12/2021) siang. TRIBUNKALTARA.COM/FEBRIANUS FELIS 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Setelah lima hari Nunukan nihil kasus Covid-19, hari ini bertambah 3 pasien, Minggu (12/12/2021).

Ketiga pasien tersebut merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dideportasi dari Kota Kinabalu, Malaysia, pada Jumat (10/12/2021) sore.

Adapun inisial ketiga PMI tersebut, yakni RP (15), HH (57), dan J (35). Ketiga pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki.

Menurut Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Nunukan, dr Baharullah, ketiga pasien Covid-19 itu hanya menjalani isolasi mandiri di Rusunawa Nunukan.

"Mereka pasien Covid-19 tanpa gejala, jadi cukup di isolasi mandiri di Rusunawa. Tentu bangunannya terpisah dengan PMI yang tidak positif," kata dr Baharullah kepada TribunKaltara.com.

Baca juga: Cegah Varian Covid-19 Omicron, KKP Nunukan 2 Kali Swab Pekerja Migran Indonesia dari Kinabalu

Baca juga: 3 Pekerja Migran Indonesia Asal Malaysia Positif Covid-19, Sampel PCR Dikirim ke Balitbangkes

Dia mengatakan, ketiga pasien Covid-19 itu akan kembali dilakukan swab PCR bersamaan dengan ratusan PMI lainnya pada lima hari ke depan.

"Jadi pada Jumat depan, kami akan melakukan pengambilan sampel swab PCR kedua terhadap ratusan PMI itu sebelum dipulangkan ke kampung halaman. Termasuk tiga pasien itu," ucapnya.

"Begitu hasil swab PCR negatif, maka BP2MI akan pulangkan ke kampung halaman mereka masing-masing. Sedangkan, yang positif akan diisolasi," tambahnya.

Seperti yang dikatakan dia sebelumnya, terhadap sampel swab PCR tiga pasien Covid-19 itu akan segera dikirimkan ke Balitbangkes Kemenkes RI.

"Untuk mengetahui apakah PMI yang positif itu terjangkit varian baru Omicron atau tidak, maka hasil swab kita kirim ke Balitbangkes Kemenkes," ujarnya.

Sampai minggu ke-49 tahun 2021, angka kesembuhan di Kabupaten Nunukan mencapai 97,75 persen dari total kasus konfirmasi yang tercatat 6.236 kasus dan 6.096 pasien dinyatakan sembuh.

Baca juga: Hasil PCR Ratusan Pekerja Migran Indonesia yang Dideportasi dari Malaysia, 2 Orang Positif Covid-19

Sementara itu, tercatat angka kematian mencapai 2,20 persen atau 137 kasus.

Perkembangan angka positif terakhir pada minggu ke-49 tanggal 12 Desember 2021 di Kabupaten Nunukan, sebesar 0,27 persen atau kurang dari 5 persen.

Sekadar diketahui, ketersediaan ruang isolasi Covid-19, yakni:

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved