Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Bupati Mahulu Lantik 27 Petinggi Kampung Terpilih

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh melantik 27 petinggi kampung dan tiga penjabat (Pj) petinggi atau kepala desa (kades) hasil pemilih

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh saat melantik 27 petinggi kampung dan tiga penjabat petinggi atau kepala desa hasil pemilihan petinggi kampung pada 13 Oktober lalu. Acara pelantikan dilangsungkan di Balai Ujoh Bilang, Senin (13/12/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh melantik 27 petinggi kampung dan tiga penjabat (Pj) petinggi atau kepala desa (kades) hasil pemilihan petinggi kampung pada 13 Oktober lalu.

Acara pelantikan dilangsungkan di Balai Ujoh Bilang, Senin (13/12/2021).

Turut hadir Sekda Mahulu Dr Stephanus Madang, kepala DPMK Mahulu, sejumlah kepala OPD dan anggota DPRD Mahulu.

Baca juga: Hadiri Acara Kenal Pamit Kapolres Kutai Barat, Asisten I Serahkan Malat dan Tas Rotan

Dalam arahannya bupati menyampaikan, jabatan yang baru saja diemban oleh para petinggi kampung merupakan amanat dari warga yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Ia pun berharap para petinggi yang dilantik segera menyusun agenda kerja yang akan dijalankan ke depan.

"Dalam jabatan itu, ada hak dan kewajiban. Dahulukan kewajiban, kemudian hak adalah sebagai implikasi dari kewajiban. Jadikan jabatan petinggi kampung ini sebagai pengabdian," pesan bupati.

Bupati mengatakan, tugas dan tanggung jawab yang akan dijalankan oleh para petinggi kampung atau kepala desa telah diatur dalam peraturan perundangan.

Maka dari itu, ia meminta agar itu diikuti dan jalankan sebagaimana semestinya.

Baca juga: Doa Bersama dan Tumpeng Menandai HUT Mahulu, Bupati: Zona Hijau karena Sinergitas Semua kalangan

Disampaikan, pelantikan ini akan dirangkaikan dengan rapat kerja (raker) pengelolaan pemerintahan kampung serta pembekalan kepada para kepala kampung yang baru saja dilantik.

"Saya minta ikuti pembekalan ini dengan sebaik-baiknya. Kemudian dari hasil pembekan ini, implementasikan dalam pelaksanaan tugas sebagai petinggi kampung nanti," imbuhnya.

Bupati juga berpesan kepada para petinggi yang baru nanti, tidak asal mengganti para perangkat kampungnya.

Penggantian perangkat kampung, tegas bupati, harus sesuai kebutuhan teknis.

Baca juga: Bupati Mahulu Ajak Dekranasda Promosi Produk UMKM, Segera Bertransformasi ke Digital

Mengutip data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Mahulu, pada pemilihan serentak 28 petinggi menghasilkan 20 mantan dan petinggi baru, yang mana tercatat delapan merupakan petinggi petahana.

Selain petinggi definitif hasil pemilihan, turut dilantik kemarin penjabat petinggi yang akan menjadi petinggi kampung sementara selama ada kekosongan petinggi kampung yang definitif. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved