Pupuk Kaltim Raih The Best CFO Award 2021, Kinerja Keuangan Optimal dan Berkategori Sehat AA

Deretan prestasi yang diraih PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) dan manajemennya terus bertambah.

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pupuk Kaltim
Direktur Keuangan dan Umum PT Pupuk Kalimantan Timur, Qomaruzzaman meraih penghargaan The Best CFO Award 2021 dari Majalah SWA. Pupuk Kaltim secara terus-menerus melakukan perbaikan berkelanjutan, melalui berbagai inovasi dalam meningkatkan performa perusahaan secara keseluruhan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Deretan prestasi yang diraih PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) dan manajemennya terus bertambah.

Kali ini, Direktur Keuangan dan Umum PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) Qomaruzzaman meraih penghargaan The Best CFO Award 2021 dari Majalah SWA.

Qomaruzzaman dinilai berhasil menjalankan tugas dan fungsi dengan baik dalam mendukung keberlangsungan bisnis perusahaan di tengah kondisi dan tantangan industri masa kini.

Penghargaan diterima Qomaruzzaman dari Group Chief Editor SWA Media Kemal E. Gani secara virtual, Senin (13/12/2021).

Baca juga: Pupuk Kaltim Gaspol 10.000 Vaksin, Sasar Ribuan Warga Kutim dan Kukar

Diungkapkan Qomaruzzaman, penghargaan ini menjadi motivasi baginya untuk terus berkarya dalam mendukung peningkatan kinerja PKT secara keseluruhan, utamanya menjalankan proses bisnis dengan mencapai kinerja keuangan yang optimal.

Menurut dia, PKT terus beradaptasi dalam pengelolaan keuangan, pendanaan hingga keputusan investasi agar kinerja perusahaan terus tercapai, baik dalam hal pembiayaan program kerja sesuai rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP) setiap tahun maupun program investasi sesuai rencana jangka panjang perusahaan (RJPP).

"PKT secara terus-menerus juga melakukan perbaikan berkelanjutan, melalui berbagai inovasi dalam meningkatkan performa perusahaan secara keseluruhan," ujar Qomaruzzaman.

Memasuki era Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity (VUCA), PKT telah menerapkan berbagai langkah strategis dalam mencapai kinerja optimal di bidang keuangan, sehingga mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan kinerja perusahaan.

Strategi tata kelola keuangan turut didukung pengembangan SDM di berbagai bidang, sebagai pondasi utama PKT dalam mencapai kinerja optimal.

Baca juga: Terima SPPT SNI dari BSN, Mitra Binaan Pupuk Kaltim Siap Bersaing Secara Global

Strategi tersebut berfokus pada Agile and Adaptive Organization, Millennial Empowerment, Innovation and Breakthrough Project, Learning Beyond Boundaries dan HR Digitalization.

"Seluruh upaya tersebut menunjukkan hasil optimal melalui pertumbuhan kinerja perusahaan, dengan tingkat kesehatan dari aspek keuangan pada kategori Sehat AA," kata Qomaruzzaman.

Dirinya menekankan, akuntabilitas perusahaan untuk seluruh fungsi keuangan dalam mencari berbagai peluang, menjadi salah satu fokus PKT dalam menjaga keberlangsungan bisnis secara berkesinambungan.

Pengaruh digitalisasi dan pandemi Covid-19 juga menuntut perusahaan untuk mampu meningkatkan performa di berbagai bidang, termasuk menangkap peluang baru dengan ragam inovasi model bisnis.

"Untuk itu, pengembangan strategi dan kinerja keuangan menjadi poin penting dalam aktivitas bisnis PKT agar ke depan mampu menangkap peluang baru yang berdampak positif terhadap revenue perusahaan," tambah Qomaruzzaman.

Baca juga: Raih IPEA 2021, Kinerja Unggul Pupuk Kaltim Jadi Role Model Industri Tanah Air

Group Chief Editor SWA Media Kemal E. Gani mengungkapkan, penghargaan ini sebagai dorongan bagi para CFO di Indonesia untuk meningkatkan kinerja sekaligus melahirkan berbagai terobosan efektif dan relevan di bidang keuangan, sehingga mampu mendongkrak kinerja keuangan dan bisnis perusahaan.

Hal ini dipandang penting melihat beragamnya tantangan industri masa kini, sehingga CFO dituntut mampu meningkatkan peran dalam menjaga bisnis Perusahaan agar tetap terjaga dan terus tumbuh.

"Para penerima penghargaan ini dapat menjadi best practice bagi para CFO lainnya di Indonesia, sehingga ke depan akan lahir lebih banyak terobosan dalam bidang keuangan yang sesuai dengan era industri masa kini," papar Kemal. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved