Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Tergiur Upah Rp 8 Juta, Oknum Satpol PP Bulungan Nekat Bawa 5 Kilogram Sabu, Pernah 2 Kali Lolos

Dalam kegiatan pemusnahan sabu 2,8 kilogram pada Kamis (16/12/2021) kemarin, BNNP Kaltara juga merilis pengungkapan kasus 5 kg sabu yang melibatkan ok

Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
BNNP Kaltara mengamankan barang bukti sabu seberat 5 kg dan masih menunggu proses perizinan untuk dimusnahkan. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Dalam kegiatan pemusnahan sabu 2,8 kilogram pada Kamis (16/12/2021) kemarin, BNNP Kaltara juga merilis pengungkapan kasus 5 kg sabu yang melibatkan oknum petugas bertatus Tenaga Kerja Kontral (TKK) atau outsourcing di lingkungan Satpol PP Kabupaten Bulungan.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjend Pol Samudi membeberkan, kronologi penangkapan pelaku, yakni K, oknum petugas TKK Satpol PP Kabupaten Bulungan berawal dari informasi yang diterima Tim Pemberantasan BNNP Kaltara, Minggu (5/12/2021).

Sekitar pukul 06.00 WITA, tim menerima laporan bahwa akan ada aksi transaksi narkotika jenis sabu dan akan dibawa ke Kabupaten Bulungan menggunakan perahu ketinting.

“Seseorang itu diinformasikan akan membawa narkoba dari Tarakan menuju Bulungan. Tim bersama Bea Cukai melakukan pengintaian. Kemudian pukul 14.00 WITA, tim berhasil mendapatkan seseorang dicurigai dan diduga telah melakukan transaksi narkoba,” ungkap Brigjend Pol Samudi saat rilis media, Kamis (16/12/2021).

Tim pemberantasan bersama Bea Cukai melakukan penyelidikan di area Sungai Kayan menggunakan perahu ketinting, pelaku dibuntuti sampai ke kediamannya di RT 6 Kelurahan Tanjung Selor Timur, Kabupaten Bulungan.

Baca juga: BNNP Kaltara Kembali Musnahkan 2,8 Kg Sabu dan 19 Pil Ekstasi yang Gagal Dikirim ke Sulawesi

Baca juga: Polres Tarakan Musnahkan 113,24 Gram Sabu, Ada dari Hasil Serahan Lapas

“Pelaku menyandarkan perahu ketintingnya dan masuk ke dalam rumah. Saat akan diamankan, pelaku berhasil melarikan diri namun barang narkotika sekitar 5.000 gram atau 5 kg berhasil ditemukan petugas,” jelasnya.

Pelaku K (32) diciduk di rumah orangtuanya. Barang bukti ditemukan di dalam laci meja dalam kediaman orangtuanya.

“K ini diketahui masih aktif sebagai tenaga kontrak di Satpol PP Kabupaten Bulungan,” ujarnya.

Sekitar pukul 17.30 WITA, pelaku K berhasil dibekuk di Jalan Garuda Gang Family RT 6 Kabupaten Bulungan.

Adapun asal muasal sabu 5 kg ini diperoleh K dari perintah seseorang yang sampai saat ini masih dilakukan pengembangan sekaligus sudah masuk dalam DPO.

Diketahui, K memiliki riwayat sudah pernah melakukan tindak pidana sebanyak dua kali. Dan dari hasil interogasi rencananya barang haram itu akan diedarkan di wilayah Kabupaten Bulungan.

Baca juga: Polisi Tetapkan 2 Tersangka yang Selundupkan Sabu ke Lapas Samarinda Lewat Sebungkus Nasi Kuning

“Tahun ini dan lolos dan diakuinya menerima upah Rp 8 juta,” jelasnya.

Pelaku K ini dikenakan pasal 114 dikenakan juncto 132 subsider pasal 112 UU Nomor 35 Tahun 2009.

“Ancaman hukumannya minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun dan hukuman seumur hidup,” ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved