Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Modus Pakai Styrofoam, Tim BNNP Kaltara Beber Kronologi Penangkapan HD dan EF, Pemilik 28 Kg Sabu

Total 2,8 kilogram sabu dan 19 pil ekstasi dimusnahkan Badan Narkotika Nasional Provinsi atau BNNP Kaltara, Kamis (16/12/2021) kemarin

TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH
HD dan EF, pelaku yang dibekuk Tim Pemberantasan BNNP Kaltara bekerja sama dengan Bea dan Cukai Tarakan terkait kasus kepemilikan 2,8 kg sabu-sabu yang berhasil digagalkan ke Sulawesi. TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN – Total 2,8 kilogram sabu dan 19 pil ekstasi dimusnahkan Badan Narkotika Nasional Provinsi atau BNNP Kaltara, Kamis (16/12/2021) kemarin.

Brigjen Pol Samudi, Kepala BNNP Kaltara membeberkan kronologis penangkapan dua pelaku yang diketahui sebagai pemilik barang haram seberat 2,8 kg tersebut.

Diungkapkan Brogjen Pol Samudi, narkotika jenis sabu-sabu tersebut merupakan hasil pengungkapan pada Sabtu (27/11/2021) lalu.
Pengungkapan ini berawal dari informasi yang diterima Tim Pemberantasan dari BNNP Kaltara sekitar pukul 10.00 WITA.

“Bahwa akan ada seseorang yang akan membawa narkoba di Tarakan menuju ke Sulawesi menggunakan kapal Pelni. Tim bekerja sama dengan Bea Cukai untuk melakukan penyelidikan,” ungkap Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Pol Samudi.

Brigjen Pol Samudi melanjutkan, pada pukul 18.00 WITA, tim melakukan penggeledahan sebuah rumah dan diduga rumah tersebut dijadikan tempat melakukan penyimpanan barang bukti narkoba yang berlokasi di RT 22 Kelurahan Karang Anyar Pantai.

Baca juga: BNNP Kaltara Kembali Musnahkan 2,8 Kg Sabu dan 19 Pil Ekstasi yang Gagal Dikirim ke Sulawesi

Baca juga: BNNP Kaltara Beber Ragam Modus Pengedar Barang Haram, Ulas Kasus Sabu Cair

Baca juga: Sabu 1,9 Kg yang Nyaris Lolos ke Parepare Dimusnahkan, BNNP Kaltara dan BC Komitmen Perangi Narkoba

“Saat dilakukan penggeledahan didapatkan dua orang berinisial RH dan HD. Salah seorang pelaku HD sempat melarikan diri,” ujarnya.

Brigjen Pol Samudi mengemukakan, barang terlarang ditemukan sebanyak 2.857,69 gram sabu dan narkotika jenis ekstasi sebanyak 37 tablet dan berhasil disita petugas.

Dan HD berhasil ditangkap dan disaksikan langsung Ketua RT setempat. Saat penggeledahan, tim berhasil mendapatkan kotak styrofoam dibungkus menggunakan karung. Setelah dibuka ternyata berisi ikan beku tuna pada bagian atas.

“Setelah dibongkar semua, di dalamnya masih ditemukan kotak styrofoam lagi. Dan setelah dibuka ada tiga bungkus plastik bening dan setelah diperiksa isinya narkoba,” ujarnya.

Lebih lanjut pelaku HD dilakukan interogasi dan diperoleh keterangan, HD mendapat perintah dari seseorang inisial EF.

Baca juga: BNNP Kaltara Amankan 4,9 Kg Barang Haram dari Dua Kasus Tangkapan Berbeda

Tim bergerak menuju sasaran ke rumah yang disebutkan pelaku pertama. Pada malam beralamat di Jalan Rajawali RT 1 Kelurahan Karang Harapan tim mendapatkan pelaku EF.

“Dan dua pelaku ini mengakui barang disita adalah milik mereka. HD sudah melakukan pidana pada November dan lolos, dua kali,” ungkapnya.

Adapun pasal dikenakan yakni 114 dikenakan juncto 132 subsider pasal 112 UU nomor 35 Tahun 2009. “Ancaman hukumannya minimal 6 tahun dan maksimal 20 tahun dan hukuman seumur hidup,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved